Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian ESDM Optimistis Bisa Lelang 5 WK Panas Bumi Tahun ini

Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Ego Syahrial, menproyeksikan, sebanyak 5 dari 10 WK yang ditawarkan bisa diteken pada tahun ini. Ia pun mengakui tidak semua WK dapat diteken kontrak di tengah kondisi global yang tidak pasti saat ini.

Mengacu pada kondisi industri hulu migas yang masih berfluktuasi, perusahaan-perusahaan migas global masih menerapkan efisiensi yang berimbas pada pemangkasan anggaran investasinya.

Ada dua mekanisme lelang yang digunakan yakni reguler dan penawaran langsung. Menurutnya dengan penawaran langsung kepastiannya akan tinggi dan interaksi interaksi dengan badan usaha kan intens. 

"Kalau reguler ini mereka sangat mencermati dengan harga minyak saat ini. Kita tidak akan menunggu sampai 10 nya. Jadi yang lelang langsung 3 atau 5 besar sampai akhir tahun ini saya optimis tanda tangan, khususnya penawaran langsung," ujarnya, dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020). 

Adapun, WK yang akan ditawarkan langsung adalah Merangin III, Sekayu, North Kangean, Cendrawasih VIII, Mamberamo, sedangkan untuk lelang reguuler yakni West Palmerah, Rangkas, Liman, Bose, dan Marataua II.

10 WK tersebut memiliki potensi sumber daya minyak sebesar 3,4 miliar barel dan potensi sumber daya gas sebesar 5 trillion cubic feet (TCF).

Sebagai informasi, lelang semula bakal dilakukan pada kuartal I dan kuartal II tahun ini. Namun, lelang diundur ke kuartal III dan kuartal IV, menyusul sempat merosotnya harga minyak dunia pada Maret lalu.

"Kami dalam waktu dekat akan memutuskan apakah di akhir triwulan ketiga atau triwulan empat tahun ini," ucap Ego.

https://money.kompas.com/read/2020/08/06/122202826/kementerian-esdm-optimistis-bisa-lelang-5-wk-panas-bumi-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke