Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkop UKM: Dalam Beberapa Krisis Terakhir, UMKM Hadir Sebagai Pahlawan Ekonomi...

Teten berujar, UMKM yang sejatinya mengisi 99 persen populasi pelaku usaha di Indonesia dan menyerap 97 persen tenaga kerja, mampu mencegah Indonesia jatuh ke jurang krisis ekonomi berkepanjangan.

"Meski pada pandemi ini UMKM terkendala kegiatan usahanya, UMKM tetap memiliki potensi besar dalam memastikan pemulihan ekonomi nasional terakselerasi," kata Teten dalam opening ceremony IFRA 2020 secara virtual, Jumat (18/9/2020).

Cara-cara itu membuat kegiatan usaha UMKM tetap berjalan dan tidak berhenti meski pandemi Covid-19. Sementara agar dapat bersaing secara nasional dan global, UMKM bisa mengadopsi sistem waralaba.

Sebab kata Teten, sistem waralaba mampu memberdayakan UMKM lain di sekitarnya. Pelaku usaha UMKM mampu menjadi offtaker yang menyerap produk pelaku usaha, produsen, atau perajin lainnya.

"Sehingga UMKM kita hadir dalam rantai pasok, berdaya saing dalam level nasional dan global. Bagi para calon wirausaha baru yang membeli waralaba dan lisensi pun merupakan salah satu alternatif konsep bisnis yang inovatif dan mudah diadopsi," sebut Teten.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, UMKM perlu menjalin kerja sama dengan para pelaku usaha platform digital.

Selain bisa meningkatkan pendapatan, kerja sama dianggap mampu meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan.

Platform digital itu bisa berupa aplikasi belanja online (e-commerce), aplikasi pesan antar makanan, virtual markey, atau digital marketing untuk pemasarannya.

"Pelaku usaha waralaba sudah waktunya terintegrasi dengan ekosistem digital atau mengadopsi platform digital untuk dapat membantu dan memudahkan franchise dalam memulai usaha, dan konsumen dalam memnuhi kebutuhannya," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/09/18/132136226/menkop-ukm-dalam-beberapa-krisis-terakhir-umkm-hadir-sebagai-pahlawan-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke