Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonom: Inklusi Keuangan Bukan Cuma Soal Punya Rekening, tapi Akses Kreditnya...

Menurutnya, inklusi keuangan bukan hanya soal masyarakat memiliki rekening tabungan di bank atau tidak, tapi juga akses ke pembiayaan/kredit.

"Masyarakat Indonesia yang tergolong unbank sama underbank mencapai 76 persen. Artinya sebenarnya memiliki akun perbankan enggak cukup. Tapi setidaknya memiliki akses layanan keuangan selain tabungan, seperti polis asuransi dan akses kredit," kata Nailul dalam dialog industri Tempo secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Nyatanya hingga kini, akses kredit bagi pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih rendah. Rasio kredit UMKM hanya 19 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) RI.

Untuk mencapai target inklusi keuangan mencapai 90 persen di tahun 2024, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah dengan industri jasa keuangan. Bila kolaborasi tak dilakukan, masih sulit rasanya mencapai target inklusi keuangan.

"Untuk bisa (mencapai target inklusi keuangan) 90 persen itu kata kuncinya kolaborasi. Tahun 2024 kita optimis bisa mencapai 90 persen, tapi bisa lebih (meleset) dari tahun 2024," sebut dia.

Informasi saja, pada 28 Januari 2020 silam, Presiden RI Joko Widodo memberikan arahan dalam Rapat Terbatas Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Presiden mengarahkan agar Indonesia bisa mencapai target inklusi keuangan di atas 90 persen pada 2024.

Sementara saat ini, indeks inklusi keuangan di Indonesia yang berada di angka 76,2 persen pada 2019 masih lebih rendah dibanding negara-negara emerging market.

Di India dan China misalnya, indeks inklusi keuangan telah mencapai 80 persen. Indonesia tercatat tertinggal dibanding negara lain di Asean. Pada 2017, indeks inklusi keuangan Malaysia telah mencapai 85 persen, dan Thailand mencapai 82 persen.

https://money.kompas.com/read/2020/10/20/172202926/ekonom-inklusi-keuangan-bukan-cuma-soal-punya-rekening-tapi-akses-kreditnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke