Salin Artikel

Konversi ke Kompor Listrik, Subsidi Elpiji Bisa Berkurang Rp 4,8 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) meluncurkan program Gerakan Konversi Satu Juta Kompor Elpiji ke Induksi, sebagai salah satu rangkaian acara perayaan Hari Listrik Nasional ke-75.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, mengatakan, melalui program tersebut, pihaknya mendorong masyarakat untuk menukar kompor elpiji dengan kompor induksi yang berbahan bakar listrik.

Salah satu tujuan digaungkannya konversi kompor tersebut ialah untuk menghemat biaya subsidi elpiji, yang selama ini terus dikucurkan oleh pemerintah.

"Subsidi yang diberikan kepada elpiji bisa berkurang," kata Bob dalam konferensi pers, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

PLN bahkan menargetkan, dengan terus dilaksanakannya program konversi 1 juta kompor elpiji dapat menekan subsidi elpiji hingga Rp 4,8 triliun dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Selain menekan anggaran subsidi, konversi ke kompor induksi juga dapat menekan impor elpiji yang selama ini terus menjadi momok neraca dagang nasional.

"Listrik walaupun dia subsidi, tetapi ini adalah produk dalam negeri, karena diproduksi dan bahan baku dari Indonesia semua," kata Bob.

Lalu, program tersebut juga dapat menjadi pendorong perkembangan industri kompor dalam negeri.

Pasalnya, sebagian besar produsen kompor induksi berasal dari Indonesia.

"Dan komponen dalam negerinya sudah cukup besar. Tidak hanya menghemat devisa, tapi juga menggerakan ekonomi karena pabrik-pabrik kompor induksi tadi bisa tumbuh menyerap tenaga kerja," ucapnya.

Oleh karenanya, PLN menyiapkan berbagai program promo layanan, seperti tambah daya maupun sambung baru.

https://money.kompas.com/read/2020/10/27/172338426/konversi-ke-kompor-listrik-subsidi-elpiji-bisa-berkurang-rp-48-triliun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.