Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemnaker Harap Peningkatan Kualitas SDM Perhotelan Bisa Kurangi Kontraksi Ekonomi di Manado

KOMPAS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Budi Hartawan berharap kontraksi ekonomi akibat Covid-19 di Kota Manado bisa berkurang.

Salah satu caranya adalah dengan peningkatan sejumlah kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya pada bidang perhotelan .

Hal tersebut Budi sampaikan saat membuka pelatihan hybrid learning system (HyLS) atau metode kombinasi sistem pembelajaran tatap muka dan daring di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (3/11/2020).

Sebagai informasi, pelatihan HyLS di bidang perhotelan selama dua bulan itu dilaksanakan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan dengan menggandeng sejumlah tenaga kerja muda Sulawesi Utara (Sulut).

"Untuk meningkatkan akses pelatihan, peserta HyLS harus menerapkan kemajuan teknologi informasi, Selain itu, diperlukan pula dukungan dari industri untuk mendampingi proses pelatihan." kata Budi, seperti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/11/2020).

Proses pendampingan, lanjut Budi, diperlukan untuk memastikan agar kompetensi sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Untuk diketahui, sebanyak 34 pemuda asal Sulut mengikuti dua paket pelatihan kejuruan Front Office dan Housekeeping secara terpisah di Manado.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BBPLK Medan, M. Ali menambahkan, program pelatihan yang dilaksanakan BBPLK ini adalah program pelatihan Room Attendant.

“Tujuan program ini untuk membekali peserta dengan aspek teoritis secara online dan pelatihan langsung”, ujar Ali, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (5/11/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi Sulut, Erny B Tumundo memberikan apresiasi yang tinggi kepada BBPLK Medan karena memberikan kesempatan generasi muda Sulut untuk membantu pengembangan sektor pariwisata.

“Pengembangan yang dimaksud dari sisi tenaga kerja berkompeten di perhotelan yang sempat tersendat dengan adanya Covid-19,” kata Erny.

Senada dengan Erny, Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulut I Putu Anom Dharmaya turut memberikan pujian terhadap kinerja BBPLK yang memberi bukti membangun Indonesia, termasuk Sulut.

https://money.kompas.com/read/2020/11/05/102559426/kemnaker-harap-peningkatan-kualitas-sdm-perhotelan-bisa-kurangi-kontraksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke