Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KB Bank Targetkan Penyelesaian Perbaikan Kualitas Aset Tahun Ini

Kompas.com - 23/04/2024, 15:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - KB Bank melaporkan, hingga 31 Maret 2024, rasio Kredit Berisiko atau Loan at Risk (LAR) terus menunjukkan perbaikan.

Rasio LAR periode kuartal I 2024 tercatat kurang dari 35 persen, menurun dibandingkan periode akhir tahun 2023 yang berada di kisaran 40 persen dan periode akhir tahun 2022 di kisaran 50 persen.

Adapun pada awal periode transformasi KB Bank tahun 2021 atau setahun setelah KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali, rasio LAR KB Bank sempat menyentuh angka 65 persen.

Baca juga: KB Bank Sukses Pertahankan Peringkat Nasional dari Fitch Ratings di Level AAA dengan Outlook Stabil

KB Bank. DOK. KB Bank. KB Bank.

Perbaikan rasio LAR KB Bank salah satunya didorong dari pengalihan aset berkualitas rendah senilai Rp 2,87 triliun, melalui skema Asset Back Securities (ABS) yang merupakan kelanjutan program perbaikan kualitas aset yang dilakukan KB Bank sejak periode transformasi tahun 2021 lalu.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong menyatakan, capaian kinerja positif KB Bank ini, semakin menjadikan perseroan lebih optimis untuk dapat melakukan ekspansi kredit yang lebih berkualitas.

"Di mana tahun ini kami menargetkan pertumbuhan dari segmen UMKM dan ritel dengan menjadikan segmen wholesale sebagai anchor untuk ekosistem bisnis," kata Robby dalam keterangan tertulis, Selasa (23/4/2024).

Berdasarkan Rencana Bisnis Bank, tahun 2024 menjadi target bagi KB Bank untuk menyelesaikan program perbaikan kualitas aset.

Baca juga: Perkuat Struktur Pendanaan, KB Bank Terima Fasilitas Pinjaman 300 Juta Dollar AS dari Korea Development Bank

Selain itu, tahun ini juga menjadi tahun implementasi dari transformasi digital KB Bank dengan dimotori sistem perbankan mutakhir yang diadopsi dari induk usaha KB Bank, yakni KB Kookmin Bank dan KB Financial Group, yaitu Next Generation Banking System (NGBS).

Berbagai upaya perbaikan kinerja yang dilakukan KB Bank, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan positif KB Bank di tengah situasi ekonomi yang sangat dinamis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com