BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bank KB Bukopin

Dukung Peningkatan Literasi Keuangan Mahasiswa, KB Bank dan ITB Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Hadirkan Program Star Edu

Kompas.com - 17/03/2024, 21:42 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comKB Bank dan ITB Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah menghadirkan program Star Edu guna meningkatkan sinergi antara keahlian keuangan KB Bank serta Universitas Muhammadiyah yang memiliki jejak pendidikan dan sosial luas.

Kemitraan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong dan Rektor ITB Ahmad Dahlan Yayat Sujatna dalam acara Kick-off Meeting di Auditorium Syafruddin Prawiranegara Kampus ITB Ahmad Dahlan Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Pada kolaborasi itu, KB Bank memberikan dukungan dalam bentuk program Beyond Excellent Trainers.

Manajemen KB Bank sendiri akan hadir sebagai pengajar (trainer) melalui pelatihan literasi keuangan bertajuk “Membimbing Banking Profesional Masa Depan”. Pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan para pengajar guna mempersiapkan para mahasiswa dalam menghadapi persaingan global, khususnya di industri perbankan.

Program pelatihan dimulai pada Senin (18/3/2024) hingga Rabu (20/3/2024) dengan melibatkan 200 orang, termasuk dosen dan praktisi.

Baca juga: Jadi Nama Resmi, KB Bank Siap Tumbuh Bersama dan Dukung Kemajuan Indonesia

Pelatihan tersebut semakin lengkap dengan seminar bertajuk “ESG Awareness: Sustaining in VUCA World”.

Robby mengatakan, sebagai bank yang mengedepankan layanan kepada masyarakat, KB Bank merasa bangga bisa menjadi pendukung utama dalam program tersebut. Menurutnya, literasi dan inklusi keuangan berperan penting dalam memberikan pendidikan serta akses kepada masyarakat terkait pengelolaan dan berbagai manfaat layanan keuangan.

“Masyarakat, khususnya mahasiswa, diharapkan bisa memiliki pengetahuan yang cukup tentang konsep dasar keuangan sehingga dapat membuat keputusan keuangan secara lebih bijak di masa mendatang,” ujar Robby dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/3/2023).

Melalui acara tersebut, KB Bank juga berharap bisa mengenalkan berbagai produk KB Bank yang kompetitif untuk bisa diakses oleh seluruh keluarga besar Muhammadiyah.

Selain memberikan literasi keuangan melalui pelatihan, kemitraan itu juga menandai kolaborasi KB Financial Group (KBFG) dalam memfasilitasi integrasi layanan keuangan komprehensif untuk ekosistem Muhammadiyah, khususnya dalam empat aspek.

Baca juga: Peduli Pendidikan Indonesia, Bank KB Bukopin Dukung Penuh Pembangunan Perpustakaan Multikultural di Bekasi

Pertama, integrasi layanan keuangan tanpa batas. Beragam layanan keuangan KBFG yang mencakup perbankan, sekuritas, asuransi, kartu kredit, investasi, dan kredit khusus menghadirkan proposisi unik bagi ekosistem Muhammadiyah.

Keragaman layanan itu selaras dengan sifat multifaset dari operasi Muhammadiyah yang meliputi pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, dan kegiatan keagamaan.

Kedua, solusi keuangan yang disesuaikan untuk beragam kebutuhan keluarga besar Muhammadiyah. KB Bank memperkenalkan serangkaian solusi keuangan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik, seperti pembiayaan pendidikan, pembiayaan kesehatan, kewirausahaan, serta kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan.

Ketiga, pemberdayaan digital dan teknologi. KBFG memiliki platform canggih untuk memfasilitasi transaksi keuangan yang efisien, meningkatkan literasi keuangan, dan menyediakan akses digital ke layanan perbankan bagi masyarakat luas.

Hal itu mencakup pengembangan solusi pembayaran digital co-branded, aplikasi mobile banking yang disesuaikan dengan kebutuhan keluarga besar Muhammadiyah, serta sistem pembayaran untuk layanan pendidikan dan kesehatan.

Keempat, memperkuat keterlibatan masyarakat dan inklusi keuangan. Hal ini merupakan salah satu langkah nyata dari komitmen KBFG terhadap inklusi keuangan dan pelibatan masyarakat yang selaras dengan misi pemberdayaan sosial.

Baca juga: Ubah Nama, KB Bank Perkuat Citra Bagian dari Raksasa Keuangan Korsel KBFG

Melalui kemitraan itu, KBFG akan memperluas jangkauan ke segmen yang belum terlayani dalam keluarga besar Muhammadiyah, menyediakan akses ke layanan keuangan yang mendukung pengembangan ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Robby menekankan, integrasi strategis KBFG dalam ekosistem Muhammadiyah juga merupakan langkah signifikan untuk mencapai kemitraan layanan keuangan yang menyeluruh.

“Dengan menyelaraskan kemampuan keuangan KBFG yang komprehensif dengan beragam kebutuhan komunitas Muhammadiyah, kolaborasi itu siap memberikan manfaat bersama, seperti memberikan solusi layanan perbankan hingga mendorong literasi keuangan, inklusivitas, dan pemberdayaan masyarakat di seluruh Indonesia,” tegas dia.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com