Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Pertimbangkan Tambah Kuota Mudik Gratis 2024

Kompas.com - 17/03/2024, 17:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan seluruh tiket mudik gratis untuk periode Lebaran kali ini sudah habis dipesan oleh masyarakat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Suatno mengatakan, secara total Kemenhub menyediakan tiket mudik gratis untuk 58.694 penumpang dan 17.880 sepeda motor.

Namun, setelah pendaftaran dibuka pada 13 Maret lalu, seluruh tiket perjalanan mudik gratis yang disediakan oleh 3 direktorat jenderal Kemenhub itu telah habis dipesan.

Baca juga: PLN Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2024, Simak Syarat dan Ketentuannya

"Sudah kami siapkan ada 58.694 penumpang, sepeda motor 17.880, di sini sudah habis, satu hari dibuka langsung diserbu," ujar Hendro, dalam gelaran konferensi pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024, Minggu (17/3/2024).

Dengan melihat tingginya minat dari masyarakat, Kemenhub saat ini melakukan evaluasi terhadap layanan mudik gratis, dan mempertimbangkan opsi penambahan kuota.

"Kami sedang evaluasi, apa perlu penambahan-penambahan lagi," katanya.

Baca juga: INKA Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2024, Simak Syarat dan Ketentuannya

Melalui program mudik gratis, Kemenhub memfasilitasi layanan mudik menggunakan bus dan truk lewat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menggunakan kereta api lewat Direktorat Jenderal Perkeretaapian, dan menggunakan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Untuk layanan mudik gratis melalui moda transportasi darat, Kemenhub sebenarnya menyiapkan tiket untuk 3.088 penumpang dan 900 sepeda motor dengan 33 kota tujuan mudik, mulai dari Garut, Tasikmalaya, Tuban, Lampung, hingga Pangkala Bun.

Kemudian untuk layana mudik gratis melalui moda transportasi kereta api, Kemenhub menyiapkan 28.196 tiket penumpang dan 12.180 sepeda motor, dengan rute lintas utara, lintas tengah, dan lintas selatan.

Baca juga: Ada 47.194 Kuota Mudik Gratis via Kapal Laut, Layani 47 Rute Perjalanan

Sementara untuk layanan menggunakan moda transportasi laut, Kemenhub memfasilitasi 9.800 tiket penumpang dan 4.800 motor untuk ruas Tanjung Priuk - Tanjung Mas, serta 17.610 tiket penumpang untuk 14 ruas trayek pelayaran angkutan laut lainnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong masyarakat untuk menggunakan layanan mudik gratis dan tidak menggunakan kendaraan sepeda motor agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya juga mengimbau kiranya sepeda motor tidak digunakan ya, karena memang berbahaya," ucap Budi.

Baca juga: Kemenhub Buka Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut, Ini Cara dan Syarat Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com