Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PGN Bangun 127.864 Jargas di 23 Kabupaten dan Kota

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah menjalankan tugas dari pemerintah untuk membangun 127.864 jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga (SR), di 23 kabupaten dan kota dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) 2020.

Hal tersebut merupakan bentuk dukungan PGN terhadap program pemerintah dalam mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi impor.

Jargas sendiri memang membuat sumber energi menjadi lebih bersih, efisien, dan ramah lingkungan. Hingga kini, progres realisasi aktualnya telah mencapai 90 persen.

Bukan hanya itu, sebagai bagian dari holding migas PT Pertamina (Persero), PGN telah menjalankan implementasi Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Kepmen ESDM) 89K 2020 terkait penyediaan gas bumi untuk tujuh industri sektor tertentu dengan harga 6 dollar AS per million british thermal unit (MMBTU).

Implementasi kebijakan tersebut menjadi wujud komitmen PGN dalam mendukung daya saing industri, sehingga dapat mendorong perekonomian nasional terutama pada masa pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Upaya pembangunan infrastruktur serta pemenuhan pasokan gas pun diharapkan menuntun PGN menjadi perusahaan energi kelas dunia yang mampu memenuhi kebutuhan energi efisien semua sektor pasar.

“Infrastruktur gas bumi merupakan investasi jangka panjang dengan risiko pasokan dan pasar yang belum terjamin. Namun, risiko itu diambil PGN sebagai pionir pemanfaatan gas bumi untuk ketahanan energi nasional,” kata Direktur Komersial PGN Faris Aziz mengatakan Faris, seperti dalam keterangan terulisnya.

Sebagai informasi, PGN telah mengelola 96 persen infrastruktur gas bumi di Indonesia. PGN pun memiliki 10.100 kilometer (km) sambungan pipa, yang mampu melayani lebih dari 422.000 pelanggan semua sektor.

Sektor itu diantaranya mulai dari kelistrikan, industri, komersial, usaha mikro kecil menengah (UMKM), transportasi, dan rumah tangga.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, pihaknya aktif berkomunikasi secara omnichannel terkait promosi dan pelayanan pelanggan.

“Komunikasi dilakukan melalui media massa, media sosial dan elektronik, e-commerce, contact center PGN, e-wallet, website www.pgn.co.id, aplikasi smartphone PGN Mobile, serta sales and costumer management,” kata Rachmat.

Tak hanya itu, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, PGN juga memiliki 18 sales area, aktif di pameran dagang, dan terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak lain.

https://money.kompas.com/read/2020/11/05/194254326/pgn-bangun-127864-jargas-di-23-kabupaten-dan-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke