Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenaikan Indeks Wall Street, Jadi Angin Segar bagi Rupiah Pagi Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini menguat pada Jumat (29/1/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.16 WIB rupiah berada pada level Rp 14.058 per dollar AS atau menguat 20 poin (0,14 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.078 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun menguat pagi ini, rupiah masih berpeluang melemah hari ini.

Hal ini lantaran kenaikan kasus Covid-19 di sunia mendorong banyak pembatasan ekonomi di beberapa negara.

“Meskipun sentimen terhadap aset berisiko membaik karena indeks saham AS berhasil menguat kemarin, tapi rupiah kelihatannya masih bisa tertekan hari ini terhadap dollar AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, saat ini pasar masih mengkhawatirkan peningkatan kasus Covid-19 di dunia dan di tanah air yang bisa membatasi pemulihan ekonomi.

Selain itu, pasar masih merespon negatif terhadap kemungkinan perilisan stimulus fiskal AS yang lebih lama dan lebih sedikit nilainya.

“Perilisan stimulus AS yang cepat dan besar bisa meningkatkan kepercayaan invewstor untuk masuk ke aset berisiko,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini bisa bergerak pada kisaran Rp 14.030 per dollar AS hingga Rp 14.150 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2021/01/29/094804526/kenaikan-indeks-wall-street-jadi-angin-segar-bagi-rupiah-pagi-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke