Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalbe Bakal Pasarkan Obat Fluvir Asal India untuk Terapi Pasien Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) bekerja sama dengan PT Amarox Global Pharma (Amarox), anak perusahaan Hetero suatu perusahaan farmasi generic terkemuka di India, untuk memasarkan obat Fluvir (Oseltamivir) di Indonesia.

Fluvir (Oseltamivir) adalah salah satu obat antivirus yang termasuk dalam terapi Covid-19.

Obat ini diindikasikan untuk terapi pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan, terutama dengan dugaan infeksi influenza, berdasarkan Pedoman Tatalaksana Covid-19 di Indonesia edisi terbaru.

Sebagai informasi, penggunaan obat Fluvir untuk pasien Covid-19 harus dengan rekomendasi dari dokter.

Kerja sama antara Kalbe dan Amarox ini bertujuan untuk meningkatkan akses Fluvir bagi pasien Covid-19 di seluruh Indonesia.

Amarox sebelumnya telah mendapatkan Persetujuan Registrasi atau Nomor Izin Edar (NIE) untuk Fluvir dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) sehingga dapat dipastikan bahwa obat tersebut aman, berkhasiat dan bermutu.

Country Manager PT Amarox Pharma Global Sandeep Sur mengatakan, Amarox dan Kalbe sebelumnya telah berkolaborasi dalam meluncurkan obat antivirus Covifor (Remdesivir) untuk pengobatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

Covifor (Remdesivir) direkomendasikan oleh dokter dan telah digunakan di banyak rumah sakit di seluruh Indonesia.

“Menyadari impak pandemic Covid-19 yang menyeluruh, Amarox berkolaborasi dengan Kalbe untuk melakukan pemasaran bersama Fluvir (Oseltamivir) di Indonesia,” kata Sandeep dalam siaran pers, Kamis (11/2/2021).

Ridwan Ong, Marketing Director Pharma KLBF, mengatakan, perseroan akan terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Dengan memanfaatkan kemampuan dan infrastruktur pemasaran serta distribusi secara nasional yang dimiliki Kalbe, kolaborasi ini diharapkan mempercepat akses dan ketersediaan obat yang lebih luas untuk terapi Covid-19 pada pasien dengan gejala ringan di seluruh Indonesia.

“Saat ini Kalbe memiliki jaringan yang kuat dengan tenaga kesehatan, rumah sakit, apotek yang dapat digunakan untuk mendukung pemulihan pasien Covid-19,” tambah Ridwan.

Obat Fluvir yang akan dipasarkan berbentuk kapsul yang mengandung zat aktif antivirus Oseltamivir.

Oseltamivir bekerja menghambat enzim neuraminidase virus influenza yang berperan dalam melepaskan virus-virus baru hasil replikasi di dalam sel terinfeksi sehingga dapat menginfeksi sel-sel lain.

https://money.kompas.com/read/2021/02/11/164155426/kalbe-bakal-pasarkan-obat-fluvir-asal-india-untuk-terapi-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke