Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengilap di Awal Pandemi, Kini Bisnis Ikan Cupang Mulai Redup

Namun kini, bisnis ikan cupang mulai meredup. Beberapa toko ikan bahkan tidak lagi menyediakan stok ikan cupang yang banyak. Hal itu disebabkan minimnya pembeli ikan cupang.

Ades Ginajar (32), pemilik usaha ikan hias di Kawasan Bogor Utara mengungkapkan, saat ini memang bisnis ikan cupang tidak lagi menuai keuntungan besar seperti awal-awal pandemi Covid-19. Hal ini terjadi karena bisnis ikan cupang sudah berada di titik jenuh.

“Penurunan terjadi mulai Maret 2021, dan cukup signifikan ya, bisa dibilang 70-80 persen, mungkin karena bisnis ikan cupang ini masuk ke titik jenuh,” kata Ades kepada Kompas.com, Minggu (21/6/2021).

Selain karena daya beli masyarakat terhadap ikan cupang turun, redupnya bisnis ikan cupang juga dinilai akibat banyaknya pedagang ikan cupang "dadakan".

Menurut Ades, karena proses pembenihan ikan cupang sangat mudah dan bisa dipelajari oleh orang awam, banyak orang yang mencari keuntungan dengan mengembangbiakan ikan cupang.

“Saat ini sudah banyak orang yang nge-breed ikan cupang sendiri, karena prosesnya mudah. Mulai dari anak kecil, ibu-ibu bisa belajar mengembangkan pembenihan ikan cupang, sehingga pasar ikan cupang bersaing ketat, dan di sisi lain daya beli ikan cupang juga lagi turun,” ujarnya.


Di tengah penurunan minat masyarakat, ada alternatif yang bisa dilakukan agar usaha ikan cupang tidak mati begitu saja.

Menurut Ades ada beberapa alternatif yang bisa dikembangkan, untuk tetap mendapatkan keuntungan, salah satunya adalah dengan berinovasi ke aksesoris dan pakan ikan.

“Saat ini mindset-nya perlu dibenerin. Banyak orang berpikir dengan kemampuan breeding ikan cupang, bisa dijadikan bisnis. Padahal terlalu banyak yang melakukan breeding membuat bisnsi ikan cupang turun. Ada banyak elemen dari ikan cupang yang bisa dikembangkan, seperti menjual pakan, askesoris, dan mesin,” kata dia.

Menurut Ades, ada banyak peluang yang juga tidak kalah menjanjikan jika pelaku usaha bisa memanfaatkan alternatif penjualan lainnya yang dibutuhkan ikan cupang. Misalkan pakan seperti pelet, cacing, garam ikan, daun ketapang, daun secang dan sebagainya.

Untuk terus bertahan dalam bisnis perikanan, Ades menilai pelaku usaha juga jangan terlalu fokus pada penjualan ikan cupang saja. Tapi, ada baiknya jika melirik potensi jenis ikan hias lain sehingga ada variasi yang bisa ditawarkan kepada konsumen, ketika tren ikan cupang mulai redup.

“Selain bisnis cupang, juga harus berinovasi mencari peluang lain, seperti bisnis ikan hias lainnya. Awal mula kita memang dari bisnis ikan cupang, tapi lama kelamaan kita juga menyediakan alternatif lainnya, tujuannya agar bisnis ini tetap bertahan,” ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2021/06/21/100151226/mengilap-di-awal-pandemi-kini-bisnis-ikan-cupang-mulai-redup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke