Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Covid-19 Turun Jelang HUT RI, Luhut: Pemerintah Belum Sepenuhnya Puas

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski angka kasus Covid-19 sepanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diklaim mulai turun, tetapi pemerintah tidak merasa puas akan pencapaian tersebut.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konfrensi pers secara virtual.

Dalam menangani pandemi ini, lanjut Luhut, pemerintah selalu mengedepankan keseimbangan antara aspek kesehatan dan ekonomi.

"Sekali lagi, pemerintah belum sepenuhnya puas dengan capaian tersebut. Untuk itu, pemerintah akan terus bekerja menuntaskan dan keluar dari badai pandemi ini. Pemerintah juga terus berharap agar keterlibatan peran serta dan juga kesadaran masyarakat hari ini berperan penuh dalam terus menjaga protokol kesehatan utamanya dalam melakukan penggunaan masker, agar kita semua dapat segera keluar dari badai pandemi ini," kata Luhut melalui tayangan Youtube Kemenko Marves, Senin (16/8/2021).

Namun demikian, hasil upaya pencegahan Covid-19 ini menurut Luhut jadi kado yang baik menjelang peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia (RI) yang dirayakan pada 17 Agustus.

Upaya pengendalian penyebaran wabah virus corona ini tak lepas dari keterlibatan semua pihak.

"Apa yang kita capai dalam hal penanganan Covid-19 ini merupakan hal yang baik dalam menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 esok hari. Tentunya Hal ini dapat tercapai berkat arahan dari Presiden Republik Indonesia dan kerja sama semua pihak mulai dari para menteri, pimpinan lembaga, TNI, Polri, gubernur, kepala daerah, bupati hingga wali kota, para ahli Epidemolog, akademisi, mahasiswa hingga relawan yang sudah melakukan kerja keras bersama selama ini," ucap Luhut.

"Terakhir, saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-76 tahun. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus berjuang keluar dari pandemi Covid-19 ini," beserta harapannya.

Diketahui, pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 dan Level 3 Wilayah Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021.

Perpanjangan ini berdasarkan tren kasus konfirmasi positif Covid-19 yang mulai turun hingga 76 persen serta kasus aktif turun 53 persen.

Pemerintah pun menyatakan, jika angka kesembuhan meningkat, sebaliknya angka kematian mulai dapat ditekan.

Luhut menjelaskan, dalam penerapan perpanjangan PPKM selama seminggu ke depan, terdapat tambahan 8 kabupaten /kota yang masuk ke Level 3, sehingga totalnya mencapai 61 kabupaten/kota.

https://money.kompas.com/read/2021/08/17/072907126/kasus-covid-19-turun-jelang-hut-ri-luhut-pemerintah-belum-sepenuhnya-puas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke