Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bioskop Boleh Beroperasi Lagi, CGV Bakal Buka 16 September 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Bioskop boleh beroperasi kembali selama penerapan PPKM 14-20 September 2021.

Namun, hanya bioskop di daerah dengan status level 3 dan level 2 yang boleh dibuka.

Keputusan itu membuat perusahaan bioskop pun bersiap untuk beroperasi kembali. Seperti CGV Indonesia yang berencana membuka bioskopnya pada 16 September 2021.

"Bioskop CGV telah menyiapkan kesiapan operasional saat bioskop kembali dibuka. Pembukaan rencana di mulai di tanggal 16 September 2021," ujar Public Relations Manager CGV Indonesia Marsya Gusman kepada Kompas.com, Selasa (14/9/2021).

Meski demikian, ia belum bisa merinci bioskop CGV di mana saja yang akan kembali beroperasi, sebab masih dalam pembahasan internal perusahaan.

Namun, Marsya memastikan bioskop di Jakarta akan menjadi prioritas pembukaan.

"Bukanya secara bertahap dan untuk lokasi akan di share lebih lanjut melalui media sosial CGV," imbuh dia.

Beberapa ketentuan yang ditetap pemerintah untuk pembukaan bioskop yakni kapasitas penonton maksimal hanya 50 persen.

Selain itu, pengunjung harus sudah divaksin sebanyak dua kali.

Kemudian, diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai bioskop.

Hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk.

Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan untuk usia di atas 12 tahun.

Pengunjung juga dilarang makan dan minum serta pengelola bioskop dilarang menjual makanan dan minuman di dalam area bioskop.

Penonton diwajibkan tetap menggunakan masker sepanjang di area bioskop, serta menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti mencuci tangan dan menjaga jarak.

Terkait aturan tersebut, menurut Marsya, pihaknya menyambut dengan baik sebab memang diperuntukkan agar meminimalisir penyebaran virus corona di area bioskop.

"Kami rasa sudah tepat kapasitas 50 persen, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Sebab belum tentu juga terisi penuh semuanya, untuk beberapa daerah mungkin akan menerapkan di bawah itu mengingat 50 persen adalah maksimal kapasitas. Serta dengan aturan lainnya, kami rasa ini bisa meminimalisir penyebaran Covid-19," jelas dia.

Sementara itu, terkait kesiapan bioskop CGV Indonesia untuk beroperasi kembali, mereka telah menyiapkan kesiapan operasional seperti rangkaian film-film pilihan yang akan ditayangkan.

Selain itu, kesiapan protokol kesehatan, seperti cek suhu, sign untuk social distancing, penyediaan hand sanitizer, vaksinasi karyawan, hingga sekat untuk pembelian tiket.

Kemudian, CGV Indonesia juga menyiapkan kebijakan kepada publik untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin dua dosis saat berkunjung ke bioskop.

Meskipun pengunjung bisa melakukan pembelian tiket langsung di lokasi, tetapi CGV Indonesia tetap menyarankan pembelian secara online.

"Untuk meminimalisir kontak dan meminimalisir pembayaran cash konvensional, CGV menyediakan solusi pembelian tiket online, bisa melalui aplikasi CGV, website, serta online ticketing partner CGV," ungkap Marsya.

https://money.kompas.com/read/2021/09/14/162249726/bioskop-boleh-beroperasi-lagi-cgv-bakal-buka-16-september-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke