Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Penipuan Masuk CPNS Kembali Muncul, Ini Pesan Menpan-RB

Menanggapi hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, para calo memang kerap muncul saat seleksi CPNS dibuka.

Oleh karena itu kata dia, Kementerian PAN-RB selalu berpesan agar para peserta maupun orangtua peserta CPNS tidak tergiur dengan iming-iming yang ditawarkan para calo tersebut.

"Kementerian PAN-RB serta BKN rutin menginfokan, jangan percaya calo yang menawarkan kemudahan-kemudahan karena proses ujian CPNS terbuka dan transparan," ujarnya melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Tjahjo mengungkapkan bahwa Polda Metro Jaya sudah membongkar jaringan calo CPNS pada tahun lalu. Saat ini kata dia, para calo tersebut sudah diproses hukum.

Namun, dugaan kasus penipuan CPNS kembali terjadi pada CPNS 2021. Pemerintah kembali meminta peserta dan keluraga peserta CPNS hati-hati.

"Kami selalu mengingatkan kepada keluarga CPNS dan CPNS khususnya agar tidak tergiur dengan tawaran yang dijanjikan calo," kata dia.

Sebelumnya, salah satu orang yang mengaku korban penipuan CPNS, Karnu, melaporkan Olivia Nathania dan suaminya, Rafly Noviyanto Tilaar, ke Polda Metro Jaya pada 23 September 2021.

Laporan itu terkait penggelapan, penipuan, dan pemalsuan surat CPNS. Olivia sendiri merupakan anak penyanyi Nia Daniati.

Sementara itu, korban dari kasus tersebut disebut telah mencapai 225 orang dengan kerugian ditaksir Rp 9,7 miliar.

https://money.kompas.com/read/2021/10/01/142255526/kasus-penipuan-masuk-cpns-kembali-muncul-ini-pesan-menpan-rb

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke