Salin Artikel

Sandiaga Uno Minta Wisata Alam dan Mainan Tradisional Subang Terus Dikembangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai Kabupaten Subang, Jawa Barat memiliki wisata alam dan mainan tradisional yang bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Menurut dia, Subang kaya akan beragam tempat wisata. Jika hal tersebut bisa dikelola dengan baik, maka akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat daerah tersebut.

"Subang sangat kaya akan potensi, mulai dari Tangkuban Perahu, Curug Karembong, ada wisata alam batu kapur, ada pemandian air panas Ciater. Banyak yang tidak tahu Ciater adanya di Subang, Kemudian ada taman wisata tirta alam," ujar Sandiaga Uno dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (6/10/2021).

Selain potensi wisata alamnya, lanjut Sandiaga, Subang juga memiliki permainan tradisional yang bisa terus dikembangkan. Jika hal tersebut bisa dikembangkan, dia memprediksi bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi masyarakat sekitar.

"Permainan seperti engklek, kelereng, patung, tarik tambang, tadi beberapa gim sudah disampaikan. Bahwa menurut saya Indonesia itu kaya akan kearifan lokal yang bisa kita optimalkan untuk lapangan kerja," kata Sandiaga.

Apalagi, kata Sandiaga, saat ini negara-negara lain mulai melirik kebudayaan-kebudayaan lokal Indonesia. Hal ini harus bisa dimanfaatkan agar kebudayaan Indonesia bisa semakin berkembang.

"Korea sudah melirik kebudayaan kita dan juga apa yang lagi hits langsung ditampilkan dan viral, mereka tahu pasar kita sangat besar jumlahnya, ini saatnya kita mengambil pelajaran sebagai pelaku ekonomi kreatif. Subang dulu yang harus dilakukan, unikan dulu budaya kita, jangan terus-terusan kita jadi penonton. Sekali-kali harus jadi pemain. Bagi saya itu yang paling penting untuk kita kembangkan," ungkapnya.

Tak hanya itu, menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Subang juga memiliki makanan khas daerah yang bisa dimanfaatkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke wilayah tersebut.

"Subang punya makanan khas nasi timbel, sop ikan, nasi goreng nanas. Saya semakin enggak sabar untuk ke kabupaten Subang," ucap dia.

Sandiaga mengatakan, pemerintah pusat yakni Kemenparekraf akan terus memberikan dukungan terhadap perbaikan pariwisata setempat.

"Kami juga akan bersinergi dengan pemerintah pusat terutama soal desa wisata, meningkatkan SDM di desa wisata," tutup Sandiaga Uno.

https://money.kompas.com/read/2021/10/06/203000126/sandiaga-uno-minta-wisata-alam-dan-mainan-tradisional-subang-terus

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.