Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Potensi dan Tantangan dalam Pemanfaatan E-commerce

Apalagi menurut dia, pertumbuhan e-commerce saat ini tumbuh pesat lantaran banyaknya aktivitas belanja online yang terjadi sejak pandemi.

Potensi pertama yang didapatkan dari kegiatan e-commerce, disebutkan Oke, adalah memotong rantai distribusi yang membuat harga tinggi.

"Rantai distribusi atau pengiriman biasanya tinggi tapi di e-commerce itu tidak, kemudian potensi lainya adalah e-commerce menjadi sarana promosi dan berdagang bagi UMKM dan pedagang, adanya kemudahan transaksi, dan menjadi solusi mengatasi dampak ekonomi di masa pandemi," ujar Oke dalam diskusi webinar Gambir Talks secara virtual, Selasa (12/10/2021).

Sementara untuk ancaman atau tantangan yang timbul akibat adanya kegiatan e-commerce disebutkan dia adalah adanya praktik perdagangan yang tidak sehat yang mengancam UMKM, salah satu contohnya adalah predatory pricing.

Kemudian, tantangan selanjutnya adalah adanya potensi kejahatan seperti money laundering atau pencucian uang pada transaksi perdagangan online.

"Peningkatan transaksi e-commerce ini juga memungkinkan adanya peredaran barang palsu atau imitasi dari barang bermerek," kata Oke.

Oleh sebab itu, pemerintah perlu hadir untuk membuat aturan main yang jelas dengan memaksimalkan potensi serta mengatasi permasalahan dan tantangan yang ada.

"Dengan adanya regulasi yang jelas dibuat bisa untuk menciptakan iklim berusaha e-commerce yang sehat, adil, dan bermanfaat," ungkap Oke Nurwan.

https://money.kompas.com/read/2021/10/12/162308426/ini-potensi-dan-tantangan-dalam-pemanfaatan-e-commerce

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke