Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IMF Peringatkan Bank Sentral Berbagai Negara untuk Pantau Inflasi

Komite Moneter dan Keuangan Internasional (IMFC), yang terdiri dari 24 menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara anggota IMF, mengatakan dalam komunike terakhir di Washington, bahwa pemerintah berbagai negara harus secara hati-hati mengkalibrasi kebijakan domestik.

“Kami akan terus memprioritaskan pengeluaran kesehatan dan melindungi yang paling rentan, sambil mengalihkan fokus yang sesuai, dari respons krisis ke peningkatan pertumbuhan dan menjaga kesinambungan fiskal jangka panjang,” kata Komite Pengarah IMF.

Kekhawatiran inflasi dipicu oleh permintaan yang terpendam, kemacetan rantai pasokan, harga-harga energi dan komoditas yang lebih tinggi, serta peristiwa cuaca.

Isu-isu tersebut telah menjadi topik perdebatan hangat di pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia minggu ini, dan mendorong IMF memangkas peroyeksi prospek pertumbuhan global pada Selasa (12/10/2021).

“Bank-bank sentral memantau dinamika harga dengan cermat dan dapat melihat melalui tekanan inflasi yang bersifat sementara.

IMF juga memperingatkan bahwa pengetatan kebijakan moneter yang tiba-tiba di Amerika Serikat atau Eropa dapat mendorong arus keluar yang bisa menghancurkan negara-negara berkembang.

“Pertanyaan kuncinya adalah mengetahui apakah ini inflasi sementara atau bukan," kata Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire.

https://money.kompas.com/read/2021/10/15/181845426/imf-peringatkan-bank-sentral-berbagai-negara-untuk-pantau-inflasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke