Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dengan Program Makmur Pupuk Kaltim, Pendapatan Petani Padi di Banyuwangi Naik Jadi Rp 24 Juta per Hektare

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) mencatat, produktivitas petani yang tergabung dalam Program Makmur mengalami peningkatan signifikan.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengatakan, program yang dijalankan bersama Pupuk Indonesia itu telah menunjukkan hasil siginifikan di berbagai komoditas, utamanya padi dan jagung dengan produktivitas mencapai 140-145 persen di wilayah tanggung jawab PKT.

Ia menyebutkan, salah satu keberhasilan program Makmur PKT terlihat dari peningkatan produktivitas padi di Banyuwangi, Jawa Timur pada September 2021, yang mencapai 9 ton per hektare dari sebelumnya 5 ton per hektar.

"Pendapatan petani padi pun meningkat sekitar Rp 24 juta per hektare, dari sebelumnya maksimal Rp 10 juta per hektare," kata Rahmad, dalam keterangannya, Minggu (17/10/2021).

Rahmad menjelaskan, Program Makmur dilaksanakan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perluasan area tanaman pangan yang dibarengi dengan kesejahteraan petani.

Selain itu, program tersebut juga merupakan upaya PKT dalam meningkatkan penggunaan pupuk nonsubsidi dalam negeri.

Sampai dengan kuartal III-2021, luas tanam PKT untuk program Makmur mencapai 13.796 hektare atau 115 persen dari target 12.000 hektare.

Jumlah tersebut terbagi pada komoditas padi seluas 2.452 hektare, jagung 3.085 hektare, kelapa sawit 6.220 hektare dan komoditas lainnya seperti cabe, bawang merah, bawang putih, kakao dan tebu seluas 2.039 hektare.

"Sementara untuk akuisisi petani, program Makmur telah menggandeng 6.557 petani dari target 9.000 orang atau sekitar 72,8 persen dari target," ujar Rahmad.

Melalui Program Makmur, Rahmad optimistis sektor pertanian nasional akan terus meningkat, dengan produktivitas pangan yang didukung kualitas pupuk hingga akses pasar bagi para petani menjadi lebih terjaga.

"Pupuk Kaltim akan terus mengembangkan program Makmur ke depannya, dengan target luasan tanam yang jauh lebih besar untuk berbagai komoditas unggulan di Indonesia," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/10/17/170158226/dengan-program-makmur-pupuk-kaltim-pendapatan-petani-padi-di-banyuwangi-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke