Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prospek Terhadap Ekonomi Kian Membaik, Keyakinan Konsumen Terus Meningkat

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Indeks Keyakinan Konsumen yang dirilis Bank Indonesia (BI) menunjukkan peningkatan pada November dibandingkan pada Oktober.

Ini selaras dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Hasil survei Indikasi Keyakinan Konsumen (IKK) yang dirilis BI menunjukan, nilai keyakinan konsumen pada November berada pada level 118,5, lebih tinggi dari 113,4 pada Oktober 2021.

Pada November 2021, IKK mengalami kenaikan pada seluruh kelompok pengeluaran dan usia responden.

Sementara itu, dari sisi spasial, peningkatan keyakinan konsumen pada November 2021 tercatat di hampir seluruh kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi terjadi di Pontianak (25,5 poin), Palembang (15,6 poin), dan Mataram (14,6 poin).

"IKK November 2021 yang meningkat terutama didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 99,2 yang meningkat dari 91,8 pada bulan sebelumnya," tulis BI, Rabu (8/12/2021).

Meskipun mengalami pertumbuhan, IKE pada November 2021 masih berada pada area pesimistis.

Kenaikan IKE utamanya disebabkan oleh membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat, sejalan meningkatnya mobilitas seiring berlanjutnya pelonggaran pembatasan mobilitas.

Selain itu bank sentral mencatat, kenaikan IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan Saat Ini yang naik masing-masing sebesar 9,7 dan 7,8 poin menjadi 96,3 dan 108,3.

"Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga tercatat membaik ditopang kenaikan pada seluruh indeks pembentuknya, dengan peningkatan tertinggi pada indeks ekspektasi kegiatan usaha," tulis BI.

https://money.kompas.com/read/2021/12/08/170030026/prospek-terhadap-ekonomi-kian-membaik-keyakinan-konsumen-terus-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke