Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pesan, Refund, dan Reschedule Traveloka Tiket Kereta Api Online

KOMPAS.com - Kereta api menjadi salah satu transportasi pilihan masyarakat Indonesia untuk perjalanan jarak jauh. PT KAI sebagai penyedia layanan pun memudahkan penumpangnya membeli tiket kereta api online.

Oleh karenanya, PT KAI bekerjasama dengan berbagai platform agar bisa melakukan reservasi tiket kereta api online. Meskipun PT KAI sendiri sudah memiliki aplikasi resmi yakni KAI Access yang bisa diakses melalui ponsel.

Namun, penumpang tetap harus berhati-hati pada saat pesan tiket kereta api online. Sebaiknya calon penumpang tetap memilih situs resmi reservasi tiket kereta api yang terpercaya.

Salah satu platform favorit masyarakat untuk pesan tiket kereta api online adalah Traveloka tiket kereta api. Traveloka merupakan aplikasi yang menyediakan pemesanan tiket transportasi dan hotel secara daring.

Aplikasi Traveloka dapat diunduh di Play Store maupun App Store di ponsel pintar secara gratis. Sebelum mengikuti instruksi cara pesan Traveloka tiket kereta api, pastikan sudah mengunduh dan daftar aplikasi Traveloka serta siapkan KTP penumpang.

Mengutip situs resmi Traveloka, berikut cara reservasi Traveloka tiket kereta api online melalui aplikasi maupun websitenya:

Kemudian setelah mengikuti instruksi pesan Traveloka tiket kereta api online, penumpang akan mendapatkan email maupun SMS berisikan e-tiket Traveloka kereta api yang tertera kode booking jika pembayaran berhasil dilakukan.

Selanjutnya pada hari keberangkatan, penumpang harus membawa e-tiket Traveloka tiket kereta api ke stasiun keberangkatan. Usahakan tiba di stasiun paling lambat 60 menit sebelum jam keberangkatan yang tertera pada rincian pesan tiket kereta api.

Kemudian penumpang bisa mengikuti langkah berikut untuk mencetak boarding pass di stasiun keberangkatan menggunakan kode booking yang ada di e-tiket Traveloka tiket kereta api:

Bagi penumpang yang mau membatalkan tiket dan mengajukan refund untuk pesanTraveloka tiket kereta api online, penumpang bisa mengajukannya di stasiun yang melayani pengajuan refund.

Begitupun dengan pengubahan jadwal atau reschedule Traveloka tiket kereta api hanya bisa dilakukan di stasiun. Hal ini sesuai dengan kebijakan PT KAI.

Pesan tiket kereta api online lebih baik dipesan dari jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Selain untuk menghindari kehabisan tiket, penumpang juga dapat leluasa memilih jadwal tiket kereta api online.

Pasalnya, stok tiket kereta api online masih tersedia banyak serta pilihan kelas dan kursi masih beragam. Hal ini juga memungkinkan penumpang untuk mengubah jadwal pesan kereta api online tanpa tergesa-gesa.

Adapun pesan tiket kereta api online sudah dapat dipesan sejak 90 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Agar pesan tiket kereta api online sesuai jadwal, pengguna aplikasi Traveloka bisa memanfaatkan fitur Notifikasi Kursi Kereta Api pada aplikasi Travelok. Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan jika reservasi tiket kereta api pada jadwal yang dipilih sudah tersedia.

https://money.kompas.com/read/2021/12/14/164351926/cara-pesan-refund-dan-reschedule-traveloka-tiket-kereta-api-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke