Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berambisi Jadi Perusahaan Unicorn, Ini Strategi MTDL Genjot Kinerjanya

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metrodata Electronic Tbk (MTDL) berambisi untuk menjadi perusahaan unicorn, dalam satu hingga tiga tahun kedepan. Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur Metrodata Electronic Susanto Djaja dalam public expose virtual, Jumat (17/12/2021).

“Metrodata mencangankan diri untuk menjadi unicorn dalam jangka waktu 1-3 tahun kedapan. Itu realistis dan menurut kami, bisa kami capai dalam visi misi yang baru ini dalam waktu 1-3 tahun ke depan,” kata Susanto.

Susanto mengatakan, untuk mencapai target ini pihaknya telah memperbarui visi dan misi agar semakin besar kontribusinya dalam membantu transformasi digital di Indonesia, sebagai pusat aktualisasi ekonomi digital terdepan.

Saat ini, nilai kapitalisasi pasar MTDL adalah Rp 9 triliun. Susanto bilang untuk mencapai level unicorn, maka butuh 10 miliar dollar AS, atau dengan kurs Rp 14.500 per dollar AS, maka market cap MTDL harus mencapai Rp 14,5 triliun.

Adapun tiga strategi perseroan untuk mendorong kinerja di tahun 2022, antara lain berinvestasi di startup melalui perusahaan venture capital. Kemudian, investasi secara langsung ke startup yang sudah tumbuh. Selanjutnya, membangun startup secara mandiri.

Susanto menjelaskan, perusahaan tidak menganggarkan dana dalam pengembangan startup perseroan. Namun, untuk investasi di luar perusahaan, MTDL menganggarkan dana 1 juta dollar AS hingga 2 juta dollar AS per tahunnya.

“Pertumbuhan pendapatan dan laba, termasuk investasi startup, valuasi Metrodata diharapkan akan terus meningkat, dan dapat menjadi unicorn yang profitabel dengan kinerja yang tumbuh stabil,” ujar dia.

https://money.kompas.com/read/2021/12/17/193000226/berambisi-jadi-perusahaan-unicorn-ini-strategi-mtdl-genjot-kinerjanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke