Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 10 Anak Muda Terkaya di Dunia, Nomor 1 Usianya Baru 19 Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com – Majalah Forbes telah merilis daftar orang terkaya di dunia tahun 2021. Dalam daftar tersebut, terselip 10 orang terkaya paling muda yang usianya masih di bawah 30 tahun.

Sumber kekayaan orang terkaya paling muda tersebut bervariasi, mulai dari bisnis farmasi, investasi, budidaya ikan, perumahan, cryptocurrency, hingga bisnis aplikasi pengiriman makanan.

Mereka berasal dari Amerika Serikat, China, Jerman, Irlandia, Norwegia, hingga Hong Kong. Secara kolektif, kekayaan 10 orang terkaya paling muda ini tercatat mencapai 46,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 665,2 triliun (kurs Rp 14.367 per dollar AS).

Menariknya, dari daftar orang terkaya paling muda ini, ada satu orang yang usianya baru 19 tahun. Remaja tersebut bernama Kevin David Lehmann yang berasal dari Jerman.

Berikut daftar 10 orang terkaya paling muda sebagaimana dikutip dari laman Forbes:

1. Kevin David Lehmann

Di posisi pertama, orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021 adalah Kevin David Lehmann. Remaja tersebut mendapatkan warisan berupa saham dari perusahaan farmasi Drogerie Markt dari ayahnya, Guenther Lehmann saat usianya masih 14 tahun.

Namun demikian, saham tersebut masih berada di bawah kepemilikan ayahnya hingga ulang tahunnya yang ke-18, atau pada tahun 2020 lalu. Kevin David pun menjadi satu dari segelintir remaja yang berhasil masuk dalam jajaran orang terkaya paling muda di dunia.

Drogerie Markt (DM) adalah perusahaan farmasi terkemuka di Jerman yang menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari 12 miliar miliar dollar AS.

2. Wang Zelong

Meski baru berusia 25 tahun, Wang Zelong saat ini memiliki kekayaan sebesar 2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 28,74 triliun. Tidak heran kalau namanya masuk dalam daftar orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021.

Kekayaan Wang Zelong bersumber dari saham di CNNC Hua Yuan Titanium Dioxide dan Lomon Billions Group, perusahaan penghasil titanium dioksida di China.

3. Alexandra Andresen

Di posisi ketiga, orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021 adalah Alexandra Andresen. Kekayaan bersih wanita berusia 25 tahun ini tercatat sebesar 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 18,68 triliun.

Alexandra Andresen mewarisi 42 persen dari perusahaan investasi milik keluarga Ferd. Ferd adalah pengelola investasi global yang juga merupakan investor aktif di Bursa Saham Norwegia, dan memiliki investasi ekuitas swasta.

Ayah Andresen, Johan, masih menjalankan perusahaan dan mengendalikan 70 persen suara melalui struktur saham kelas ganda.

4. Austin Russell

Berikutnya, orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021 adalah Austin Russell. Pemuda berusia 26 tahun ini tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar 1,6 miliar dollar atau setara dengan Rp 23 triliun.

Sejak drop out dari Stanford University, Austin Russell mendirikan Luminar Technologies, sebuah perusahaan rintisan yang berkutat di perangkat mobil tanpa awak (otonom).

Perusahaan ini melantai di bursa saham Amerika pada Desember 2020 lalu saat usianya 25 tahun.

5. Katharina Andresen

Katharina Andresen (26 tahun) merupakan kakak dari Alexandra Andresen yang juga pewaris perusahaan investasi milik keluarga Ferd. Wanita kelahiran 1995 ini adalah salah satu miliarder termuda di dunia.

Mengutip Forbes, total kekayaan bersih Katharina Andresen tercatat sebesar 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 18,68 triliun. Hal ini membuatnya masuk dalam daftar orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021.

6. Gustav Magnar Witzoe

Selanjutnya, di posisi keenam orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021 adalah Gustav Magnar Witzoe. Total kekayaan bersihnya tercatat mencapai 4,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 60,39 triliun.

Pemuda berusia 28 tahun ini merupakan milarder asal Norwegia. Dia mewarisi kekayaan dari sang ayah, Gustav Witzoe pada tahun 2013.

Gustav Witzoe sendiri merupakan pemilik perusahaan ikan salmon terbesar di Norwegia bernama SalMar. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1991.

SalMar memimpin industrialisasi budidaya ikan di Norwegia, menyempurnakan produk menjadi potongan lebih canggih dengan margin yang lebih tinggi.

7. Sam Bankman-Fried

Sam Bankman-Fried (29 tahun) adalah salah satu orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021. Pemuda asal Amerika Serikat ini tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar 26,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 380,9 triliun.

Sam Bankman-Fried merupakan CEO FTX, sebuah platform pertukaran kripto yang ia dirikan taun 2019 lalu. Perusahaan ini mencatat pertumbuhan pesat dalam dua tahun terakhir. FTX memungkinkan pedagang untuk membeli dan menjual aset digital seperti bitcoin dan Ethereum.

8. Jonathan Kwok

Berikutnya, orang terkaya paling muda tahun 2021 adalah Jonathan Kwok. Pemuda 29 tahun ini merupakan putra bungsu dari mendiang Walter Kwok, mantan ketua pengembang terbesar di Hong Kong, Sun Hung Kai Properties.

Walter meninggal pada 20 Oktober 2018 pada usia 68 tahun. Dia telah digulingkan sebagai ketua perusahaan pada 2008 dalam perselisihan dengan dua saudara lelakinya, Thomas dan Raymond.

Setelah kematiannya, Jonathan dan saudaranya, Geoffrey, mengambil alih Empire Group Holdings, pengembang properti yang dimulai Walter setelah ia meninggalkan SHKP.

9. Stanley Tang

Stanley Tang (29 tahun) adalah salah satu pendiri aplikasi pengiriman makanan DoorDash yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Dia mendirikan perusahaan tersebut bersama rekannya bernama Andy Fang pada 2013 silam.

Tang memiliki sekitar 4 persen dari DoorDash, yang go public di New York Stock Exchange pada awal Desember 2020.

Saat ini kekayaan bersih Stanley Tang tercatat mencapai 2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 28,7 triliun. Hal ini membuat Tang masuk dalam daftar orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021.

10. Andy Fang

Terakhir, di posisi ke-10 orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021 adalah Andy Fang (29 tahun). Saat ini total kekayaanya tercatat sebesar 2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp28,7 triliun.

Sumber kekayaannya berasal dari DoorDash, aplikasi pengiriman makanan yang ia dirikan bersama rekannya Stanley Tang di Amerika Serikat.

Selama pandemi Covid-19, pendapatan keduanya diperkirakan bertambah karena banyak pelanggan restoran yang beralih menggunakan jasa pesan antar makanan.

Itulah daftar 10 orang terkaya paling muda di dunia tahun 2021 versi Forbes. Rata-rata orang paling tajir ini masih berusia di bawah 30 tahun.

https://money.kompas.com/read/2021/12/18/075854226/daftar-10-anak-muda-terkaya-di-dunia-nomor-1-usianya-baru-19-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke