Salin Artikel

Pahami Perbedaan ATM Link, ATM Prima, dan ATM Bersama

Pasalnya, pertanyaan terkait hal ini masih kerap mencuat. Apa yang dimaksud ATM Prima? ATM Link bisa untuk bank apa saja? Apa yang dimaksud dengan ATM Bersama?

Itulah sederet pertanyaan yang kerap muncul di kalangan pembaca. Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca menjawab pertanyaan tersebut.

Perlu diingat, ATM Link berbeda dengan ATM Bersama, demikian juga dengan ATM Prima. Masing-masing ATM tersebut memiliki kebijakan berbeda termasuk mengenai bank yang tergabung di dalamnya.

Apa itu ATM Link?

ATM Link adalah jaringan ATM Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Himbara terdiri dari bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

Dengan begitu, yang termasuk dalam jaringan ATM Link adalah BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. ATM Link dapat digunakan oleh seluruh nasabah Himbara dengan fitur yang lengkap dan jumlah ATM lebih dari 45.000 Unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

ATM Link memiliki logo Link dan dilengkapi dengan logo masing-masing Bank pemilik ATM yang tergabung dalam Himbara.

ATM Link milik Bank BRI misalnya, memiliki logo BRI di bagian bawah mesin ATM atau di logo signage ATM bagian atas.

Lebih lanjut, ATM Link milik Bank BNI memiliki logo BNI di bagian bawah mesin ATM atau di logo signage ATM bagian atas.

Sedangkan ATM Link milik Bank BTN memiliki logo Bank BTN di bagian bawah mesin ATM atau di logo signage ATM bagian atas.

Terakhir, ATM Link milik Bank Mandiri memiliki logo Bank Mandiri di bagian bawah mesin ATM atau di logo signage ATM bagian atas.

Apa itu ATM Bersama?

ATM Bersama adalah jaringan Switching terbesar di Indonesia, yang telah terhubung dengan 90 institusi, baik Bank maupun lembaga non-Bank.

Dengan banyaknya anggota ATM Bersama, tentunya memudahkan nasabah Bank untuk dapat bertransaksi pada semua delivery channel milik Bank yang berlogokan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

ATM Bersama juga merupakan jaringan switching pertama di Indonesia yang dapat melakukan transaksi transfer antar Bank secara real-time online.

ATM Bersama juga terhubung dengan prinsipal luar negeri lainnya seperti Paynet dari Malaysia, JCB dari Jepang, dan Al-Rajhi dari Arab Saudi, sehingga nasabah Bank anggota ATM Bersama dapat melakukan transaksi Tarik Tunai di Malaysia dan Arab Saudi, serta nasabah JCB dari Jepang dapat melakukan tarik tunai di Indonesia.

Nasabah Bank pemilik kartu ATM berlogo ATM Bersama dapat mengambil uang di terminal ATM berlogo ATM Bersama dengan batas penarikan per hari sesuai yang telah ditentukan oleh Bank Penerbit Kartu. Selain itu, nasabah Bank anggota jaringan ATM Bersama dapat melihat saldo rekeningnya.

Lebih lanjut, ATM Bersama sudah terhubung melalui Interkoneksi jaringan seluruh prinisipal di Indonesia, sehingga nasabah dapat melakukan pengiriman uang ke semua rekening Bank lain di seluruh Indonesia.

Nasabah Bank anggota ATM Bersama juga dapat melakukan pengiriman uang menggunakan kartu ATM Bank A di terminal ATM Bank B ke rekening Bank C selama Bank tersebut tergabung dalam jaringan ATM Bersama

Apa itu ATM Prima?

ATM Prima adalah jaringan ATM yang memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank Prima ATM untuk dapat melakukan transaksi Tarik Tunai, Cek Saldo dan Transfer Dana antar bank di seluruh mesin ATM berlogo Prima.

ATM Prima menawarkan kemudahan dan kenyamanan transaksi ATM di seluruh Indonesia melalui transaksi transfer dana antar bank diproses secara real time online (24 jam non-stop).

ATM Prima terhubung dengan 77 bank di Indonesia serta memiliki lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan Internet Banking, Mobile Banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia.

Itulah sederet penjelasan mengenai perbedaan ATM Link dan ATM Bersama serta terkait perbedaan ATM Prima dan ATM Bersama.

https://money.kompas.com/read/2021/12/21/091820926/pahami-perbedaan-atm-link-atm-prima-dan-atm-bersama

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.