Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Membuka Usaha Minimarket Alfamart, Tertarik?

KOMPAS.com - Membuka franchise Alfamart (waralaba Alfamart) bisa menjadi opsi bisnis yang bisa dipertimbangkan. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menyediakan tiga skema franchise Alfamart yang bisa dipilih.

Seperti diketahui, Alfamart bergerak di bidang bisnis ritel yang menjual kebutuhan sehari-hari dan berlokasi di sekitar wilayah perumahan, perkantoran, dan fasilitas umum.

Alfamart memiliki ribuan gerai franschise di mana gerai-gerai tersebut merupakan usaha minimarket yang dimiliki dan dioperasikan berdasarkan kesepakatan franchise dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Skema franchise Alfamart

Sejak diwaralabakan tahun 2001, Alfamart terus berkembang. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, selaku pemegang merek Alfamart, menawarkan tiga skema bisnis franchise bagi yang berminat memiliki gerai waralaba Alfamart sendiri.

Dilansir dari laman Alfamart, berikut tiga skema waralaba Alfamart beserta ketentuan, syarat, dan harga franchise Alfamart yang berbeda-beda, yaitu:

1. Franchise Alfamart gerai baru

Skema franchise Alfamart ini memperbolehkan calon franchise mengusulkan lokasi baru. Harga franschise Alfamart skema gerai baru ini sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta.

Adapun tipe gerai pada skema franchise ini sebagai berikut:

Besaran harga franchise Alfamart tersebut sudah termasuk franchise fee selama lima tahun sebesar Rp 45 juta, Instalasi listrik, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan polesign, perizinan gerai, serta promosi dan persiapan pembukaan gerai.

2. Franchise Alfamart gerai baru - konversi

Skema franchise Alfamart konversi ini menawarkan kerjasama franschise kepada pemilik toko minimarket lokal atau kelontong yang ingin mengembangkan usahanya.

Untuk skema franchise ini, laman Alfamart tidak menampilkan detail harga franchise Alfamart. Namun, calon franchise Alfamart akan menikmati dua kemudahan, yaitu:

  • Barang dagangan milik minimarket lokal atau toko kelontong tersebut diakui sebagai barang dagangan untuk stok pembukaan gerai franchise Alfamart.
  • Rak milik minimarket lokal atau toko kelontong tersebut bisa digunakan dan dikurangi dari biaya investasi. Dengan catatan, rak tersebut sesuai dengan standar rak gerai Alfamart.

3. Franchise Alfamart gerai takeover

Skema franchise ini berupa pembelian gerai Alfamart yang sudah beroperasi dengan harga paket yang sudah ditentukan.

Harga franchise Alfamart takeover ini bervariasi, mulai dari Rp 800 juta. Besaran ini tergantung pada harga sewa lokasi dan penjualan per harinya.

Dengan harga franchise Alfamart tersebut sudah mencakup franchise fee dan sewa lokasi selama lima tahun, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan polesign, perizinan gerai, dan goodwill

Cara bisnis franchise Alfamart

Untuk skema franchise Alfamart gerai baru, calon franchise harus memiliki lokasi yang akan diusulkan untuk membuka gerai franchise Alfamart baru.

Adapun empat langkah untuk memiliki gerai Alfamart sendiri sebagai berikut:

1. Mengusulkan lokasi

Calon franchise Alfamart dapat mendaftarkan usulan lokasinya melalui laman resmi Alfamart di alaman www.alfamartku.com. Harap sertakan denah dan foto lokasi gerai tampak depan.

2. Proposal dan persetujuan

Calon franchise Alfamart harus mengajukan proposal dan persetujuan kepada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Proposal yang diajukan berisi kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB, dan proyeksi keuangan.

3. Perjanjian waralaba Alfamart

Perjanjian Waralaba Alfamart menjelaskan hak dan kewajiban calon waralaba Alfamart dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Perjanjian ini harus disepakati kedua pihak agar gerai bisa mulai dibuka.

4. Pembukaan gerai

Setelah semua tahap berhasil dilewati termasuk pengurusan perizinan dan renovasi, maka gerai franchise Alfamart siap beroperasi.

Demikian skema franchise Alfamart yang dapatdipertimbangkan untuk dijadikan pilihan bisnis. Untuk cara bisnis waralaba Alfamart yang lebih lengkap, dapat ditanyakan ke petugas Alfamart terdekat.

https://money.kompas.com/read/2022/02/08/055514426/3-cara-membuka-usaha-minimarket-alfamart-tertarik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke