Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mayoritas Keluarga di DKI Tinggal di Bangunan yang Bukan Miliknya

Hal ini terungkap dari sebuah publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) berjudul Statistik Indonesia 2022 yang diterbitkan belum lama ini.

Melalui publikasi tersebut, BPS mengungkap data distribusi persentase rumah tangga menurut provinsi dan status penguasaan bangunan tempat tinggal tahun 2021.

BPS mencatat, pada tahun 2021 hanya 48,48 persen rumah tangga di DKI Jakarta yang tinggal di bangunan dengan status penguasaan milik sendiri.

Sisanya, yakni sebanyak 51,52 persen tidak tinggal di bangunan miliknya sendiri. Dari jumlah tersebut, 34,63 persen di antaranya merupakan keluarga tinggal di bangunan sewa atau rumah kontrakan.

Sementara itu, 16,89 persen keluarga lain tinggal di bangunan dengan status penguasaan lainnya. Tidak dijelaskan maksud dari status pengusaan lainnya ini.

Yang jelas, dalam data ini yang dimaksud dengan status penguasaan bangunan tempat tinggal milik sendiri adalah jika tempat tinggal tersebut pada waktu pencacahan betul-betul sudah milik kepala rumah tangga atau salah seorang anggota rumah tangga.

Adapun rumah yang dibeli secara angsuran melalui kredit bank atau rumah dengan status sewa beli juga sudah dianggap sebagai rumah milik sendiri.


Potret status bangunan tempat tinggal keluarga Indonesia

Berdasarkan data BPS tersebut, persentase keluarga di DKI Jakarta yang tinggal di bangunan milik sendiri menjadi yang paling sedikit se-Indonesia.

Sebaliknya, status kepemilikan tempat tinggal keluarga milik sendiri di Provinsi Jawa Tengah mencatat persentase terbanyak, yakni sebesar 89,92 persen.

Hanya 2,62 persen keluarga di Jawa Tengah yang tinggal di bangunan berstatus sewa atau kontrak. Sedangkan 7,46 persen lainnya tinggal di bangunan dengan status penguasaan lainnya.

Adapun secara keseluruhan di Indonesia terdapat sebanyak 81,08 persen keluarga yang status rumahnya milik sendiri.

https://money.kompas.com/read/2022/03/19/141548826/mayoritas-keluarga-di-dki-tinggal-di-bangunan-yang-bukan-miliknya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke