Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta Menarik dari Melantainya GoTo di Bursa Efek Indonesia

Sejak masa Initial Public Offering hingga kini sudah tercatat di BEI, saham GoTo menjadi perhatian masyarakat. Hal ini membuktikan minat masyarakat terhadap saham GoTo cukup tinggi.

Perusahaan teknologi asal Indonesia ini memang mencuri perhatian masyarakat karena berhasil menjadi perusahaan decacorn yang masuk pasar modal Indonesia.

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, meski berlangsung di tengah gejolak pasar global, ketertarikan yang tinggi dari para investor mencerminkan tingginya permintaan atas layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology di kawasan Asia Tenggara, serta kepercayaan pada posisi GoTo sebagai ekosistem digital terintegrasi terbesar di Indonesia.

“Pada hari ini, kami mengawali perjalanan GoTo sebagai perusahaan terbuka yang tercatat di BEI. Melalui momen bersejarah ini, kami akan meningkatkan kemampuan kami untuk mencapai misi kami, seraya melayani seluruh pihak di dalam ekosistem kami dengan lebih baik,” kata Andre di Jakarta Senin (11/4/2022).

Berikut daftar fakta-fakta menarik dari pencatatan saham perdana GOTO di BEI, yaitu:

1. Saham GOTO melejit 18,3 persen

Setelah saham GoTo tercatat, di awal perdagangan Senin (11/4/2022), harga saham GOTO bergerak melesat 18,3 persen di posisi Rp 400 per saham dibandingkan harga awal IPO yang ditetapkan, Rp 338 per saham.

Hari ini pukul 10.18 pun saham GOTO masih di atas harga awal IPO, yaitu Rp 382 per saham. Meskipun pada awal perdagangan hari ini sempat mengalami penurunan.

2. Kantongi dana Rp 15,8 triliun

Dari keseluruhan proses IPO, GoTo mengumpulkan total dana sebesar Rp 15,8 triliun, terdiri dari Rp 13,7 triliun dari penawaran umum saham melalui IPO, dan Rp 2,1 triliun melalui penjualan saham treasuri dalam rangka opsi penjatahan lebih (greenshoe).

Penghimpunan dana tersebut mencerminkan kapitalisasi pasar sebesar Rp 400,3 triliun.

3. Dihadiri para menteri dan diapresiasi presiden

Saat GoTo melantai di BEI, terlihat beberapa menteri seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Bahkan Presiden Joko Widodo pun memberikan sambutan secara daring dan mengapresiasi langkah GoTo melantai di BEI.

"Saya menyampaikan selamat atas terlaksananya IPO kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Bursa Efek Indonesia," ujar Jokowi.


4. IPO terbesar ketiga di Asia

Nilai kapitalisasi pasar GoTo diperkirakan sebesar Rp 400,3 triliun atau setara 28 miliar dollar AS.

Anga tersebut menjadikan perusahaan teknologi ini menjadi emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat setelah PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang sebesar Rp 455,69 triliun di BEI.

Bahkan, IPO GoTo juga menjadi IPO terbesar ketiga di Asia dan kelima di dunia untuk 2022 dihitung dari jumlah dana yang berhasil dikumpulkan.

5. Saham GoTo oversubscribed hingga 15,7 kali

IPO GOTO juga mengalami kelebihan permintaan alias oversubscribed hingga 15,7 kali. Padahal, jumlah saham perdana yang akan dilepas hanya 3,43 persen dari seluruh saham yang ada.

Indo Premier Sekuritas, selaku underwriter IPO GoTo mencatat, jumlah investor yang berpartisipasi mencetak rekor yakni lebih 299.000 single investor identification (SID), dengan sebagian besar adalah investor ritel.

"Minat tinggi pasar membuat pesanan saham GoTo mengalami kelebihan permintaan hingga 15,7x. Ini sebuah momen bersejarah, serta menjadi katalis positif bagi pergerakan IHSG yang beberapa kali sudah mencetak all time high,” kata CEO Indo Premier Sekuritas Moleonoto The dalam keterangan tertulis dikutip Senin (11/4/2022).

Menurut dia, oversubscribed GoTo yang sangat tinggi bisa memancing investor asing untuk berburu saham startup dengan ekosistem terbesar di Indonesia ini.

6. Bagikan saham senilai Rp 310 miliar ke mitra

GoTo telah mengalokasikan saham GoTo senilai Rp 310 miliar untuk program Saham Gotong Royong di mana para mitra pengemudi akan mendapatkan saham secara cuma-cuma setelah berakhirnya masa lock-up.

Tak hanya membagikan saham kepada mitra pengemudinya, GoTo juga berencana akan memberikan akses prioritas bagi mitra pedagang dan konsumen yang ingin membeli saham mereka melalui penjatahan pasti selama proses penawaran awal.


7. GoTo masih merugi

Melalui dokumen prospektus awal yang diterbitkan, GoTo merilis kinerja keuangan perusahaan hingga kuartal III atau September 2021.

Dilansir dari laporan keuangan tersebut, GoTo tercatat masih mengalami rugi bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 11,58 triliun hingga akhir September 2021, lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 10,43 triliun.

Kenaikan rugi bersih itu disebabkan oleh peningkatan beban keuangan yang lebih tinggi dibanding pendapatan bersih perusahaan.

Tercatat pendapatan bersih GoTo sampai dengan kuartal III-2021 sebesar Rp 3,4 triliun, naik dari Rp 2,3 triliun pada September 2020.

Di sisi lain, beban pokok pendapatan meningkat dari Rp 1,8 triliun pada kuartal III-2020, menjadi Rp 2,5 triliun pada kuartal III-2021, Kemudian, beban umum dan administrasi meningkat dari Rp 2,1 triliun menjadi Rp 5,1 triliun.

Selanjutnya, beban penjualan dan pemasaran meningkat dari Rp 1,7 triliun menjadi Rp 4,7 triliun, beban penyusutan dan amortisasi meningkat dari Rp 911,2 miliar menjadi Rp 1,5 triliun, serta beban operasional dan pendukung meningkat dari Rp 1,01 triliun menjadi Rp 1,1 triliun.

Sementara itu, beban pengembangan produk tercatat mengalami penyusutan dari Rp 1,9 triliun menjadi Rp 1,38 triliun.

Adapun rugi per saham GoTo mencapai Rp 197 per saham pada September 2021, dibandingkan Rp 365 per saham pada periode yang sama tahun 2020. Sepanjang tahun 2020, GoTo masih merugi Rp 14,20 triliun.

https://money.kompas.com/read/2022/04/12/110000626/7-fakta-menarik-dari-melantainya-goto-di-bursa-efek-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke