Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Jangan Pernah Lari dari Data...

Menurut Luhut, keberadaan data-data sangat penting karena menjadi dasar bagi pemerintah untuk menyampaikan suatu hal, termasuk perkembangan ekonomi Indonesia.

"Kita bicara basisnya data, jangan pakai perasaan. Kamu boleh perasaan kalau kau jatuh cinta. Kalau kau bicara soal ini (perekonomian RI) jangan pernah lari dari data. Jatuh cinta pun ada pakai data juga itu," kata Luhut, Selasa (12/4/2022).

Menurut Luhut, berdasarkan data-data ekonomi, kondisi perekonomian Indonesia lebih baik ketimbang negara lain.

"(Ekonomi) Kita masih lebih bagus dari banyak negara. Ini data yang disiapin ke saya," kata Luhut secara virtual, Selasa (12/4/2022).

Luhut bilang, perekonomian Indonesia kini sudah memasuki tahap pemulihan ke masa sebelum pandemi Covid-19. ia bahkan menilai ekonomi Indonesia sudah rebound.

Sementara itu berdasarkan data kata dia, masih banyak negara yang level pertumbuhan ekonominya belum kembali ke tingkat seperti sebelum pandemi.

Meski begitu kata Luhut, ada hal yang perlu diwaspadai saat ekonomi RI telah pulih. Hal tersebut yakni dampak perang Rusia dan Ukraina. Mantan Menko Polhukam ini kembali mengungkapkan, invasi Rusia ke Ukraina bakal memiliki dampak jangka panjang.

"Kemudian kita lihat, kenapa masalah dunia ini tambah parah? Pandemi kita sudah selesai, tiba-tiba datang Ukraina. Jadi dampak perang Ukraina-Rusia itu sangat panjang. Yang menjadi lebih penting saya sampaikan di rapat kabinet juga, pertama kali Amerika menghadapi satu negara yang punya nuklir power dan nuklir power terbesar di dunia," ujar Luhut.

https://money.kompas.com/read/2022/04/12/180627226/luhut-jangan-pernah-lari-dari-data

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke