Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saham Twitter Ambles Lebih dari 9 Persen, Usai Elon Musk Tunda Akuisisi

Mengutip CNBC, penurunan harga saham Twitter juga seiring sejalan dengan penurunan kapitalisasi pasar Twitter menjadi 9 miliar dollar AS. Saham Twitter bahkan telah mengalami penurunan hampir 13 persen setelah mencapai level tertingginya pada April 2022.

Melalui cuitannya, Musk mengungkapkan dirinya menunda akuisisi karena tengah mengkalkulasi banyaknya akun palsu pada Twitter. Namun, selang beberapa waktu Musk mengatakan bahwa ia berkomitmen dengan akuisisi.

“Kesepakatan Twitter untuk sementara ditangguhkan, karena masalah ada banyak akun palsu, yang memang mewakili kurang dari 5 persen pengguna,” kata Musk.

“Masih berkomitmen untuk akuisisi,” lanjut dia.

Investor khawatir bahwa kesepakatan ini tidak akan mencapai garis akhir. Meskipun para petinggi di Twitter menyetujui akuisisi tersebut, masih diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menutup kesepakatan, dan tidak ada jaminan bahwa itu akan terjadi.

Namun demikian, Musk diharuskan membayar biaya perpisahan senilai 1 miliar dollar AS, jika Musk memilih untuk tidak melanjutkan kesepakatan. Ini tentunya biaya yang cukup kecil, mengingat CEO Tesla memiliki kekayaan lebih dari 220 miliar dollar AS.

“Pasar sedikit kurang percaya diri bahwa kesepakatan itu akan tercapai karena tantangan regulasi dan ini adalah interpretasi yang sangat cepat dari pergerakan saham,” kata Mark Mahaney, analis di Evercore ISI, mengutip CNBC.

Sementara itu, CEO Twitter Parag Agrawal mengatakan pihaknya masih mengharapkan kesepakatan dengan Elon Musk akan berhasil. Namun, jika itu tidak terjadi, maka ia akan terus menjalankan perusahaan.

"Sementara saya mengharapkan kesepakatan untuk ditutup, kita harus siap untuk semua skenario dan selalu melakukan apa yang benar untuk Twitter. Saya bertanggung jawab untuk memimpin dan mengoperasikan Twitter, yang lebih kuat," kata Agarwal dalam sebuah cuitan.

https://money.kompas.com/read/2022/05/14/074854326/saham-twitter-ambles-lebih-dari-9-persen-usai-elon-musk-tunda-akuisisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke