Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengusaha Genjot Produksi, Inflasi Diproyeksi Tak Meningkat Tinggi

Hal ini dinilai membuat tingkat inflasi berpotensi tetap terjaga, meskipun terdapat beberapa ketidakpastian mulai dari rantai pasok yang masih terkendala hingga perang Rusia dengan Ukraina.

"Artinya pengusaha mulai prepare terhadap produksi, sehingga paling tidak, tidak menyebabkan inflasi membesar karena demand yang tumbuh diikuti sisi suplai," ucap Aviliani dalam webinar FMB9 di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Peningkatan produksi industri, utamanya industri manufaktur terlihat dari penerimaan pajak negara yang tumbuh sepanjang tahun 2022.

Hingga bulan Februari saja, ada tiga industri yang berkontribusi pada penerimaan pajak, yakni industri pengolahan, perdagangan, dan pertambangan. Industri pengolahan menjadi kontributor tertinggi sebesar 29,1 persen dari total penerimaan pajak.

Sementara itu, pajak dari industri perdagangan tumbuh 23,1 persen, lebih kecil dibanding 54 persen pada bulan lalu. Secara kumulatif, penerimaan pajak dari industri ini tembus 37,3 persen, jauh lebih tinggi dibanding 3,3 persen pada Januari-Februari 2021.

"Karena ada pelonggaran, pertumbuhannya luar biasa. Bahkan uang beredar cukup besar, di mana pariwisata, okupansi hotel sudah 70 persen, (sektor) makanan dan minuman juga (sudah tumbuh) luar biasa," beber Aviliani.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pertumbuhan itu bisa terus terakselerasi hingga akhir 2022. Pasalnya, para pengusaha sudah merasakan akan terjadi pertumbuhan yang signifikan.

Di sisi lain, masyarakat sudah memiliki ekspektasi bahwa ekonomi akan membaik ke depan sehingga berani membelanjakan uang simpanannya.

"Sebagai pengusaha melihat ini langkah positif di mana yang punya uang sudah belanjakan uangnya, walaupun ada sebagian devisa yang ke luar, makanya kita harus perbaiki di dalam negeri sendiri, tempat wisata agar orang tidak pergi ke luar," tandas Aviliani.

https://money.kompas.com/read/2022/05/17/190300526/pengusaha-genjot-produksi-inflasi-diproyeksi-tak-meningkat-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke