Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Likuiditas Melimpah, Suku Bunga Kredit Belum Akan Naik Signifikan

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengakui, peluang kenaikan suku bunga pinjaman perbankan tetap ada, namun tidak begitu besar.

"Kalau sampai sekarang yang kita monitor relatif terbatas, mungkin masih belum kelihatan secara signifikan untuk kenaikan bunga kredit," kata dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, dengan kondisi likuiditas perbankan yang melimpah saat ini, sisi pasokan atau supply masih cukup, bahkan melebihi kebutuhan dari sisi permintaan atau demand.

"Kalau suplainya berlebih harusnya harganya enggak naik, bunga enggak naik, dan ini yang terjadi di pasar sekarang," katanya.

Meskipun demikian, ruang perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit juga terbatas, seiring dengan mulai pulihnya berbagai aktivitas perekonomian dan konsumsi rumah tangga.

"Kita belum melihat adanya kenaikan suku bunga pinjaman yang signifikan. Walaupun berdasarkan pengamatan kita, uang penurunannya juga menjadi terbatas," tutur Purbaya.

Lebih lanjut Purbaya meyakini, di tengah kondisi perekonomian global yang dibayang-bayangi ketidakpastian, kondisi likuiditas perbankan akan tetap terjaga dan dapat memenuhi kebutuhan aktivitas perekonomian nasional hingga akhir tahun ini.

"Saya tidak melihat walau di luar negeri ada gonjang-ganjing ada gangguan yang berarti di sistem finansial dalam negeri, utamanya dalam hal produktivitas sistem keuangan," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/05/26/133300726/likuiditas-melimpah-suku-bunga-kredit-belum-akan-naik-signifikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke