Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perusahaan Startup Ini Justru Tetap Rekrut Karyawan di Tengah Gelombang PHK

JAKARTA, KOMPAS.com - Startup asal Thailand, Deliveree, tidak memangkas jumlah karyawannya di tengah gelombang PHK yang belakangan ramai dilakukan perusahaan startup di dunia.

Terakhir, perusahaan streaming Netflix mem-PHK 300 orang atau 3 persen karyawannya karena perlambatan pertumbuhan pendapatan perusahaan.

CEO Deliveree Group Tom Kim mengatakan, alih-alih mem-PHK karyawan, saat ini pihaknya justru terus melakukan perekrutan karyawan selama pandemi Covid-19.

"No, we are hiring like crazy. Sekarang sejak pandemi jumlah kita bertambah dua kali lipat karena kita selalu melakukan ekspansi," ujar Tom saat wawancara khusus dengan Kompas.com di kantornya, ditulis Jumat (24/6/2022).

Dia menambahkan, semua proses perekrutan karyawan Deliveree selama pandemi dilakukan secara online, mulai dari iklan lowongan pekerjaan hingga wawancara kerja.

"Sehingga ketika orang tidak keluar saat pandemi mereka tetap bisa onboarding menjadi staff atau associate di Deliveree," ucapnya.

Selain itu, perusahaan logistik berbasis teknologi ini juga tetap menambah pengemudinya selama pandemi dengan menyediakan sistem pendaftaran, tahapan seleksi, hingga training untuk pengemudi secara online melalui aplikasi.

Namun, karena saat ini kondisi pandemi sudah mulai mereda, beberapa waktu ini Deliveree kembali membuka training center offline di kantornya.

"Karena bisnis pengiriman tumbuh sangat cepat, kami merekrut driver hampir 100 orang setiap harinya," jelasnya.

Dia menyebutkan, saat ini Deliveree memiliki 30.000 pengemudi aktif setiap bulannya di periode normal. Tapi saat peak season, jumlah ini bisa bertambah menjadi 40.000-50.000 pengemudi.

Kendati demikian, dia mengakui, sejak beroperasi di Indonesia tahun 2015 pihaknya belum mengantongi keuntungan atau profit.

Namun, saat ini Deliveree tengah berupaya memaksimalkan sistem teknologi dan supply chain agar dalam beberapa tahun mendatang bisa mulai meraup profit.

"Sekarang Deliveree tidak menguntungkan. Kami sangat dekat dengan break event, tetapi kami tidak menghabiskan banyak uang," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/06/24/134500826/perusahaan-startup-ini-justru-tetap-rekrut-karyawan-di-tengah-gelombang-phk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke