Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Data dan Dokumen yang Diperlukan Untuk Daftar Beli Pertalite dan Solar di MyPertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga akan membuka pendaftaran kendaraan dan identitas di situs MyPertamina mulai 1 Juli mendatang.

Pendaftaran tersebut dilakukan untuk mengimplementasikan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar lewat aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, dari pendaftaran untuk beli Pertalite dan Solar di MyPertamina tersebut, pengguna akan mendapatkan QR Code yang dapat digunakan untuk pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina.

"Data pengguna yang terdaftar dan telah mendapatkan QR Code ini adalah bagian dari pencatatan penyaluran Pertalite dan Solar agar bisa lebih tepat sasaran, bisa dilihat trennya, siapa penggunanya," ujar dia, dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Untuk memastikan implementasinya dapat dilakukan dengan lancar, Alfian bilang, tahapan-tahapan pendaftaran untuk beli Pertalite dan Solar di MyPertamina tidaklah susah.

Masyarakat dapat mengakses website subsiditepat.mypertamina.id dan siapkan data dan dokumen yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

Jika seluruh syarat telah dipenuhi, masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran melalui situs yang ditentukan.

"Data yang sudah didaftarkan akan diverifikasi atau dicocokan dengan kesesuai persyaratan. Jika semua terpenuhi maksimal 7 hari kerja, maka pengguna tersebut akan dinyatakan terdaftar dan menerima QR Code melalui email, atau melalui notifikasi di website," tutur Alfian.

Jika menerima notifikasi adanya kekurangan atau ketidakcocokan dokumen, masyarakat bisa mencoba kembali melakukan pengisian data kendaraan dan identitasnya sesuai rekomendasi kekurangan yang ada.

Untuk kemudahan dan mengantisipasi kendala di lapangan, selain diakses dengan aplikasi MyPertamina, QR Code yang diterima juga bisa diprint out dan dibawa fisiknya ke SPBU ketika ingin melakukan pengisian Pertalite dan Solar.

QR Code tersebut kemudian akan dicocokan datanya oleh operator SPBU.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, tahapannya sangat mudah, yang penting memastikan sudah daftar dan memastikan datanya sudah terkonfirmasi. Jika sudah menerima QR Code, maka transaksi akan berjalan seperti biasa," ucap Alfian.

Sebagai informasi, implentasi tahap pertama penyaluran BBM subsidi dengan QR code akan dilaksanakan di Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjarmasin, Kota Yogyakarta, dan Manado.

https://money.kompas.com/read/2022/06/29/105500726/data-dan-dokumen-yang-diperlukan-untuk-daftar-beli-pertalite-dan-solar-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke