Salin Artikel

Dicap Menyusahkan, Aplikasi MyPertamina Dihujani Review Bintang 1

KOMPAS.com - Mulai 1 Juli 2022, masyarakat yang membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar harus mendaftar di MyPertamina. Penggunaan aplikasi ini juga diperluas untuk pembelian LPG 3 kg.

Kebijakan ini dilakukan agar Pertamina dapat menyalurkan BBM subsidi lebih tepat sasaran. Untuk itu, masyarakat perlu melakukan pendaftaran di aplikasi maupun laman MyPertamina agar dapat mengetahui apakah masyarakat tersebut berhak menggunakan BBM subsidi atau tidak.

Dilihat pada Kamis (30/6/2022), aplikasi MyPertamina saat ini sudah diunduh lebih dari satu juta kali lewat Play Store. Dari jutaan unduhan tersebut, banyak pengguna yang meninggalkan ulasan negatif dan rating dengan bintang satu alias rating terburuk.

Banyaknya review bintang 1 ini membuat rating aplikasi besutan BUMN energi ini merosot hingga 1,7. Sebagaimana diketahui, aplikasi dianggap memberikan banyak kepuasan kepada penggunanya apabila setidaknya berada rating 4 ke atas.

Selain memberikan rating 1, banyak pengunduh aplikasi MyPertamina juga tampak meninggalkan ulasan berupa keluhan seperti aplikasi yang error saat dibuka, lelet, proses pendaftaran yang sering gagal, hingga dianggap menyusahkan saat harus berada di SPBU.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, pendaftaran untuk membeli BBM melalui MyPertamina tidak wajib pakai aplikasinya.

Tanpa aplikasi, masyarakat bisa daftar MyPertamina melalui laman resminya yang dapat di akses di alamat subsiditepat.mypertamina.id.

"Kami pun tidak mewajibkan memakai aplikasinya, hanya perlu daftar melalui website yang dibuka pada 1 Juli nanti," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Terdapat dua opsi cara daftar MyPertamina tanpa aplikasi, yaitu daftar melalui aplikasi dan daftar di gerai SPBU.

Opsi pendaftaran ini diberikan agar memudahkan masyarakat untuk membeli BBM subsidi karena tahapan pendaftarannya cukup mudah dan tidak memerlukan aplikasi.

Dengan cara daftar MyPertamina tanpa aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki smartphone.

Sebab, masyarakat yang tak punya smartphone bisa meminjam smartphone atau PC yang terkoneksi internet ke orang terdekat atau mengakses internet di warung internet (warnet) untuk melakukan pendaftaran MyPertamina.

Namun, untuk cara daftar MyPertamina tanpa aplikasi ini masyarakat harus pastikan sudah memiliki alamat email yang aktif karena nantinya alamat email ini diperlukan untuk pengiriman QR code khusus.

Sementara, pendaftaran MyPertamina di gerai SPBU dapat dilakukan bagi masyarakat yang tidak memiliki aplikasi MyPertamina, dan tidak mengerti cara mendaftar di website.

https://money.kompas.com/read/2022/06/30/174411926/dicap-menyusahkan-aplikasi-mypertamina-dihujani-review-bintang-1

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.