Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Dwi Ganda DDT Cakung-Bekasi Diperkirakan Beroperasi Agustus 2022

Proyek DDT Cakung-Bekasi ini merupakan bagian dari proyek DDT Manggarai-Cikarang yang dibagi menjadi 4 tahap, yaitu Manggarai-Jatinegara, Jatinegara-Cakung, Cakung-Bekasi, dan Bekasi-Cikarang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, saat ini untuk bagian DDT Jatinegara-Cakung sudah dioperasikan sejak 2019.

Dengan demikian, pada tahun 2022 proyek DDT Manggarai-Cikarang sudah selesai dari Jatinegara-Bekasi.

"Jadi Agustus (DDT Cakung-Bekasi) insya Allah akan dioperasikan, karena DDT kita (saat ini) baru sampai Cakung," ujar Zulfikri saat acara Ngobras di Kemenhub, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Kemudian, untuk pembangunan DDT Manggarai-Jatinegara diperkirakan akan beroperasi pada 2025. 

Sedangkan DDT Bekasi-Cikarang baru sampai proses pembebasan lahan di Bekasi Timur.

"Tentu ini masih panjang, masih terus berproses," kata Zulfikri.

Pengembangan Stasiun Bekasi dan Stasiun Tambun rampung tahun ini

Selain proyek DDT Manggarai Cikarang, Ditjen Perkeretaapian juga merevitalisasi 14 stasiun dari Manggarai sampai Cikarang.

Pengembangan stasiun ini untuk meringankan beban kereta dan penumpang di Stasiun Manggarai, Stasiun Gambir, dan Stasiun Pasar Senen yang saat ini sudah cukup banyak.

Sebanyak 11 stasiun telah selesai secara bertahap sejak 2017 termasuk Stasiun Jatinegara dan Stasiun Cikarang.


"Stasiun-stasiun ini sudah kita mulai untuk melayani kereta api jarak jauh. Di Cikarang, Bekasi juga ada karena sebelumnya di Bekasi sudah melayani Argo Parahyangan, Cirebon juga sudah dioperasikan," jelasnya

Dia menjelaskan, saat ini masih ada beberapa stasiun yang masih dalam proses pengerjaan, yaitu Stasiun Tambun, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Manggarai.

Diperkirakan pengembangan Stasiun Bekasi akan diselesaikan pada Agustus mendatang dan Stasiun Tambun dipastikan selesai tahun 2022.

Sementara untuk Stasiun Manggarai per Mei 2022 pengerjaannya sudah mencapai 60 persen dan ditargetkan dapat dioperasikan pada 2023.

"Harapan kita semua stasiun DDT dari Manggarai sampai Cikarang sudah selesai di tahun 2022 ini," tutur Zulfikri.

https://money.kompas.com/read/2022/07/08/070000026/jalur-dwi-ganda-ddt-cakung-bekasi-diperkirakan-beroperasi-agustus-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke