Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut ke Pengemudi Ojol: Tidak Ada Pekerjaan yang Rendah, Ayah Saya Sopir Bus...

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar mengaku kepada para pengemudi ojek online (ojol) bahwa bapaknya merupakan seorang sopir bus. Meskipun berprofesi sebagai sopir bus, tetapi mampu membuat anak-anaknya sukses.

Hal ini ia sampaikan dalam peluncuran Armada Baru Kendaraaan Listrik Grab, di Jakarta.

"Tidak ada pekerjaan yang rendah. Ayah saya sopir bus, saya berkali-kali sampaikan itu. Jadi saya anaknya sopir bus. Jadi kalau Anda naik sepeda motor, anakmu juga bisa seperti saya," katanya, Selasa (12/7/2022).

Untuk itu, Luhut berharap anak-anak para pengemudi ojol tersebut tidak malu dengan pekerjaan orangtuanya.

"Ibu saya almarhum betul-betul mendisiplinkan kami. Anak-anaknya 5 dari seorang sopir bus, tidak ada satu pun yang tidak jadi. Jadi saya mau katakan kepada Anda sekalian, kita tidak ada pekerjaan yang haram ke kecuali kalau mencuri, mengambil yang bukan hak," sambung Luhut.

Luhut pun menyemangati kepada para pengemudi ojol agar tidak berkecil hati dengan profesi yang dijalani. Terutama saat membesarkan anak-anak. Sebagai contoh, dia mengaku teman sekolahnya saat ini bisa menjadi kepala laboratorium di salah satu instansi.

"Jadi ini yang mau saya sampaikan, sepanjang kita kerja dengan hati kita, kita jujur, kerja keras, kita disiplinkan anak kita untuk sekolah. Saya juga cerita saya sekolah di Toba, Yanti namanya, istri saya juga pergi melihat rumahnya, kalau hujan bocor. Sekarang dia (Yanti) itu Kepala Laboratorium. Darimana pun kita bisa membuat keturunan kita jadi hebat. Jadi jangan pernah berkecil hati," tuturnya.

Beberapa waktu lalu, Luhut pernah bercerita bahwa sang bapak merupakan sopir bus AKAP di Sibualbuali. Gajinya hanya cukup untuk makan sehari-hari.

Ia lantas mengatakan, masa kecilnya dihabiskan dengan merantau untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

"Jadi kalau mau dibilang, saya adalah anak sopir bus AKAP dan dilahirkan dari seorang ibu yang tangguh meskipun tidak tamat Sekolah Rakyat," tulis Luhut.

https://money.kompas.com/read/2022/07/12/183000026/luhut-ke-pengemudi-ojol--tidak-ada-pekerjaan-yang-rendah-ayah-saya-sopir-bus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke