Salin Artikel

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 39 Dibuka, Simak Cara Daftarnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 39 sudah dibuka pada Minggu (31/7/2022). Pembukaan pendaftaran program kartu Prakerja Gelombang 39 itu diumumkan pihak manajemen pelaksana melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Bagi Anda yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, bisa mencoba login Prakerja Gelombang 39. Caranya, cukup login ke dasboard prakerja.go.id menggunakan email dan password akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Kemudian, klik "Gabung Gelombang" Kartu Prakerja Gelombang 39. Setelah itu, Anda tinggal menunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi Prakerja Gelombang 39 di dashboard.

“Tepat pukul 12.00 WIB Gelombang 39 sudah dibuka! Segera klik "Gabung Gelombang" pada dashboard Kartu Prakerja kamu!. Untuk yang belum daftar, segera daftar sekarang untuk bisa gabung di gelombang 39 ini,” tulis akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Syarat daftar Kartu Prakerja

Adapun syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 39 yang harus dipenuhi pendaftar adalah sebagai berikut:

Cara daftar Kartu Prakerja

Cara mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 39 dapat dilakukan melalui laman resmi Prakerja di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. 

Untuk daftar Kartu Prakerja, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat akun Kartu Prakerja:

Jika pembuatan akun selesai, langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard Kartu Prakerja dengan membuka lagi situs www.prakerja.go.id atau login Prakerja. Berikut langkah-langkahnya:

Ketentuan upload KTP dan foto selfie Prakerja

Saat akan mendaftar Kartu Prakerja, Anda wajib melakukan verifikasi dengan mengunggah foto KTP dan foto selfie atau swafoto.

Perhatikan ketentuan upload foto KTP saat daftar Kartu Prakerja sesuai panduan. Misalnya, upload foto KTP langsung dari kamera HP secara jelas. Jika Anda mengakses lewat komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser ponsel.

Kemudian, saat verifikasi foto wajah, lakukan swafoto menggunakan kamera HP dengan ketentuan sebagai berikut:

Pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup, tidak buram, dan tidak gelap
Pastikan swafoto Anda dengan posisi lurus atau tidak miring dan dengan ekspresi senyum
Pastikan swafoto dekat (close-up) atau tidak jauh, atau memenuhi 80 persen dari frame foto
Pastikan area wajah jelas tanpa menggunakan aksesori seperti topi, kacamata, dll
Foto yang diambil tidak perlu disertai foto KTP
Izinkan akses lokasi dengan tap tombol allow saat notifikasi muncul

Demikian informasi seputar cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 39 di laman www.prakerja.go.id. Bagi yang sudah memiliki akun Prakerja, bisa langsung login Prakerja Gelombang 39 di laman www.prakerja.go.id/login. 

https://money.kompas.com/read/2022/07/31/183426126/pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-39-dibuka-simak-cara-daftarnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.