Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekonom Ungkap Penyebab Rupiah Melemah ke Rp 15.200 per Dollar AS

Ekonom Rizal Ramli mengatakan, pelemahan rupiah terjadi karena bank sentral negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) tengah menyedot likuiditas dengan menaikkan suku bunga acuan untuk menekan inflasi.

"Rupiah semakin melemah karena bank sentral negara OECD sedang melakukan program anti-inflasi agresif," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022).

Kemudian, lanjut Rizal, kondisi tersebut didukung struktural ekonomi Indonesia yang lemah sehingga berdampak kepada kondisi di dalam negeri.

Selain itu, Indonesia juga sangat bergantung kepada utang sehingga ketika bank sentral negara-negara maju naik, Indonesia menjadi terdampak karena rentan terhadap gejolak tingkat suku bunga.

Faktor-faktor tersebutlah yang menurut Rizal menjadi penyebab dari pelemahan rupiah dan inflasi yang semakin tinggi setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Yakin tim ekonomi pemerintah RI mampu atasi pelemahan rupiah

Kendati demikian, Rizal bilang, tim ekonomi pemerintah Indonesia pasti sudah memiliki perkiraan dan skenario untuk mengantisipasi dampak dari hal tersebut terhadap perekonomian Indonesia.

"Pelemahan rupiah atas dollar AS yang terjadi sekarang ini bukan sesuatu yang sulit untuk diprediksi," ungkapnya.

Melansir data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot terus bergerak di zona negatif, bahkan sempat menyentuh level terendah Rp 15.279 per dollar AS. Kurs rupiah di pasar spot akhirnya ditutup melemah 0,94 persen ke Rp 15.267 per dollar AS.

Pelemahan juga terjadi pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jisdor. Pada sesi perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah Jisdor berada pada level Rp 15.243 per dollar AS, lebih tinggi dari perdagangan Selasa (27/9/2022) kemarin sebesar Rp 15.155 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2022/09/28/210000726/ekonom-ungkap-penyebab-rupiah-melemah-ke-rp-15.200-per-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke