Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Catat Ada Kesepakatan Bisnis Rp 9,43 Triliun di FESyar 2022

Penyelenggaraan kegiatan ISEF telah dimulai dengan rangkaian kegiatan Road to ISEF 2022 sejak April lalu melalui Festival Ekonomi Keuangan Syariah (FESyar) yang diselenggarakan di Sulawesi Selatan, Aceh, dan Jawa Timur.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dari kegiatan FESyar tersebut terjadi kesepakatan bisnis dengan nilai Rp 9,43 triliun, termasuk hasil lelang wakaf produktif.

Pasalnya, dalam rangkaian kegiatan road to ISEF ini dilakukan pertemuan bisnis atau business matching dan pameran berskala internasional.

"Bahkan (rangkaian kegiatan FESyar) diikuti oleh peserta lebih dari 372.000 peserta. Alhamdulillah mencapai omzet bisnis Rp 9,43 triliun," ujarnya saat membuka ISEF 2022 di Jakarta Convention Center, Kamis (6/10/2022).

Dia menjelaskan, penyelenggaraan ISEF ke-9 ini merupakan inisiatif BI dan pemerintah untuk mewujudkan amanat Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Menurutnya, ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia terus mengalami kemajuan yang signifikan. Pasalnya kini Indonesia menjadi salah satu pemain utama di kancah global.

"(Indonesia) peringkat ke-4 dalam keseluruhan eksyar global, peringkat ke-2 untuk makanan halal, dan peringkat ke-3 untuk fesyen muslim," ungkapnya.

Adapun beberapa kegiatan dalam ISEF 2022 ialah Mukernas HEBITREN, perluasan sertifikasi halal, INHALIFE halal lifestyle, International Hajj Conference, hingga forum wisata internasional.

Sementara di bidang keuangan syariah, kegiatannya berupa IsDB-IFSB Seminar on 10 Year Framework Strategy on Islamic Finance Development, International Conference on Zakat and Waqf, dan International Fiqh Conference.

Perry menambahkan, acara ISEF tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ISEF tahun ini menyelenggarakan Indonesia International Modest Fashion Festival (In2Motion Fest), sebagai event modest fashion rujukan dunia dengan kolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM.

"In2Motion Fest yang akan diluncurkan sore ini akan kita jadikan sebagai the biggest international modest fashion festival," kata Perry.

Selain itu, pada ISEF 2022 juga dilakukan upaya akselarasi sertifikasi halal sesuai dengan peran masing-masing kelompok atau lembaga, otoritas, dan stakeholders terkait melalui Gerakan Akselarasi Sertifikasi Halal.

ISEF 2022 juga melakukan penguatan ekosistem Global Halal Hub (GHH) yang merupakan wadah untuk bersinergi dalam mempercepat pengembangan produk halal unggulan lokal berorientasi global.

"Ini arahan Wapres juga biar nusantara jadi pusat holtikultura rempah untuk dunia dan untuk produsen halal food," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2022/10/06/183500326/bi-catat-ada-kesepakatan-bisnis-rp-9-43-triliun-di-fesyar-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke