Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkop Dorong Perbankan Gunakan Sistem "Credit Scoring"

Credit scoring atau penilaian kredit adalah sistem yang digunakan lembaga keuangan untuk menentukan seseorang layak atau tidak mendapatkan pinjaman.

Teten mengatakan dengan menggunakan credit scoring para pelaku UMKM lebih mudah mendapatkan pinjaman bank dibandingkan sebelumnya harus melampirkan agunan.

"Jadi kita dorong agar perbankan itu menggunakan credit scoring, dengan teknologi digital sekarang aplikasi bisa bantu perbankan melakukan pengecekan kesehatan keuangan dan usaha UMKM," kata Teten dalam acara Perempuan Gen Z Dorong Ekonomi Negara di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Teten mengatakan sebagian besar pelaku UMKM kesulitan meminjam kredit ke bank lantaran pihak perbankan masih menerapkan kredit yang disertai agunan.

Sementara, kata dia, pelaku UMKM belum memiliki aset untuk dijadikan agunan atau jaminan.

"Kita mau beresin kembali lagi ada GAP pembiayaan, menurut saya solusinya memang teknologi," ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, Teten juga mendorong agar para pelaku UMKM untuk mulai beradaptasi dengan ekosistem digital agar memudahkan perbankan untuk melihat kondisi usaha dalam upaya pemberian kredit.

"UMKM juga harus go digital supaya memudahkan perbankan masuk ke UMKM karena go digital, bukan masuk marketplace saja tapi semua bisnis sudah di sana, jadi pencatatan mereka sudah digital sehingga mudah di-tracking," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/10/12/193000326/menkop-dorong-perbankan-gunakan-sistem-credit-scoring-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke