Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terima Suntikan Dana dari Mitsui Jepang dan SSIA, Xurya Ekspansi Bangun PLTS

Managing Director dan Co-Founder Xurya, Eka Himawan mengatakan, sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Mitsui dan Surya Semesta Internusa kepada Xurya.

"Dukungan pendanaan ini akan kami alokasikan untuk perluasan pembangunan PLTS untuk mempercepat transisi energi bersih dan berkelanjutan bagi perusahaan di Indonesia. Mitsui dan Surya Semesta Internusa juga merupakan partner strategik Xurya untuk menjangkau perusahaan-perusahaan di Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (20/10/2022).

Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk pengembangan teknologi serta menambah sumber daya manusia untuk mendongkrak kinerja perusahaan dalam akselerasi implementasi energi terbarukan untuk energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia.

Terutama saat ini, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menargetkan bauran energi baru dan terbarukan mencapai 23 persen pada tahun 2025.

General Manager Divisi Bisnis Hilir Baru Mitsui & Co Ltd, Hiromu Kayamori berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan teknologi dan bisnis baru yang mengurangi dampak lingkungan secara global.

"Kami bertujuan untuk berkontribusi pada pertumbuhan Xurya dan dekarbonisasi Indonesia dengan memanfaatkan keahlian kami yang dikembangkan di seluruh dunia dan jaringan kami yang luas di Indonesia," ucap Hiromu.


Xurya sebelumnya telah menerima pendanaan Seri A sebesar 21,5 juta dollar AS pada December 2021, dari East Ventures (Growth fund), Saratoga, Schneider Electric, dan New Energy Nexus.

Ditambah lagi dari Mitsui dan Surya Semesta Internusa, sehingga total pendanaan mencapai Rp 510 milliar. Hingga penghujung September 2022, Xurya telah mengoperasikan PLTS Atap di lebih dari 60 perusahaan dan sedang melakukan pemasangan di lebih dari 40 perusahaan lainnya.

Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), Johannes Suriadjaja mengatakan, pendanaan ini merupakan bentuk dukungan SSIA untuk mempercepat pemanfaatan energi baru terbarukan melalui instalasi solar panel (PLTS Atap), salah satunya di kawasan industri.

"Sekaligus komitmen kami dalam menciptakan kawasan industri yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/10/21/090000126/terima-suntikan-dana-dari-mitsui-jepang-dan-ssia-xurya-ekspansi-bangun-plts

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke