Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menguat, Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar AS Kembali ke Bawah Level Rp 15.700

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 15.665 per dollar AS, terapresiasi dibanding posisi penutupan sebelumnya sebesar Rp 15.738 per dollar AS. Penguatan tersebut cenderung terpangkas pada 1 jam pertama perdagangan, di mana sampai dengan pukul 10.00 WIB, nilai tukar rupiah menguat 0,31 persen ke Rp 15.688 per dollar AS.

Apresiasi nilai tukar rupiah terjadi meskipun indeks dollar AS menguat. Data Investing menunjukkan, greenback pada pagi hari ini berada pada kisaran 111,05.

Analis Sinarmas Futures Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah masih berpotensi melemah hari ini. Pasalnya, data tenaga kerja AS yang dilis pada akhir pekan lalu menunjukkan hasil yang lebih positif dari ekspektasi pasar.

"Kondisi ketenagakerjaan AS yang bagus menunjang kebijakan pengetatan moneter AS yang agresif untuk mengendalikan inflasi," ujar dia kepada Kompas.com, Senin.

Sentimen negatif juga datang dari kabar kebijakan Zero Covid di China yang masih diberlakukan. Ini berpotensi memberikan tekanan terhadap aset berisiko.

"Ini akan mendorong penguatan dollar AS terhadap nilai tukar lainnya hari ini," kata Ariston.

Dari dalam negeri sendiri, Ariston bilang, data produk domestik bruto (PDB) Indonesia kuartal III-2022 berpotensi menjadi katalis penggerak rupiah. Hasil yang lebih bagus dari ekspektasi bisa menahan pelemahan rupiah.

"Dan sebaliknya. Menurut konsensus analis di investing.com, PDB kuartal III masih tumbuh 1,62 persen dibandingkan kuartal sebelumnya," ucap Ariston.

https://money.kompas.com/read/2022/11/07/105450026/menguat-nilai-tukar-rupiah-terhadap-dollar-as-kembali-ke-bawah-level-rp-15700

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke