Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menaker: Wisatawan Meningkat, Pekerja yang Kena PHK Bisa Kembali Kerja

"Dengan tumbuhnya kembali wisatawan maka insya Allah pengangguran kita tekan, kemudian teman-teman yang sempat dirumahkan, bahkan di PHK akibat pandemi Covid-19 bisa bekerja kembali," kata Menaker usai menghadiri acara Dialog dengan FSP Parekraf KSPSI dan DPD KSPSI Bali, dikutip melalui siaran pers Kemenaker, Senin (14/11/2022).

Apalagi saat ini, Indonesia tengah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, dan Bali sebagai daerah yang terpilih untuk pelaksanaan ajang internasional tersebut.

Kesiapan Indonesia, khususnya Bali sebagai tuan rumah menunjukkan bahwa Pulau Dewata siap menerima kunjungan wisatawan dari berbagai negara.

"Dengan adanya perhelatan di Bali ini, insya allah Bali bangkit," ucap Menaker.

Selama dua tahun, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor usaha yang yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19, khususnya pariwisata di Bali.

Dampak dari pandemi Covid-19 terlihat pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan luar negeri dan dalam negeri ke provinsi.

"Sektor pariwisata memang sektor yang terdampak ketika pandemi Covid-19, tetapi dengan pemerintah pusat yang selalu menempatkan Bali sebagai tempat pertemuan, perekonomian di sektor pariwisata yang ada di Bali ini dapat bangkit lagi," pungkasnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Juli 2022, melonjak hingga 6.396 persen secara tahunan atau 38,08 persen secara bulanan.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, jumlah kunjungan wisman pada Juli 2022 mencapai 477.000 kunjungan. Capaian ini menjadi yang tertinggi selama pandemi Covid-19.

"Ini tertinggi sejak periode awal pandemi. Jadi ini kabar yang menggembirakan," ujarnya saat konferensi pers, Kamis (1/9/2022).

Dengan demikian, selama Januari-Juli 2022 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 1.220.180 kunjungan, mengalami kenaikan 1.434 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

https://money.kompas.com/read/2022/11/14/104344626/menaker-wisatawan-meningkat-pekerja-yang-kena-phk-bisa-kembali-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke