Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Pembatasan Harga Minyak Rusia, Harga Minyak Mentah Dunia Anjlok

Mengutip CNBC, harga Brent berjangka untuk pengiriman Januari turun 4 persen menjadi 84,79 dollar AS per barrel. Sementara itu, Wst Texas Intermediate (WTI) turun 4,3 persen menjadi 77,45 dollar AS per barrel.

Pertimbangan batasan harga untuk minyak Rusia di atas harga pasar minyak membayangi pergerakan harga pada hari Rabu. Di sisi lain, banyak analis yang memperkirakan, saat ini persediaan bensin di AS juga mengalami perningkatan.

Energy Information Administration mengungkapkan, stok bensin AS naik 3,1 juta barrel, atau melebihi perkiraan analis sebelumnya, dengan kenaikan 383.000 barrel.

"Peningkatan bensin agak mengejutkan. Peningkatan pasokan bensin menunjukkan adanya kenaikan permintaan, menjelang liburan,” kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures.

Harga minyak mentah dunia kembali mengalami tekanan lanjutan pada perdagangan Rabu, setelah negara G7 melaporkan akan menetapkan batasan harga minyak Rusia diatas harga pasar. Salah seorang pejabat Eropa mengungkapkan, negara-negara G7 melihat batas harga minyak lintas laut Rusia di kisaran 65-70 dollar AS per barrel.

Sementara itu, berdasarkan Refinitiv, minyak mentah Ural yang dikirim ke Eropa barat laut diperdagangkan sekitar 62-hingga 63 dollar AS per barrel. Di Mediterania lebih tinggi, yakni sekitar 67-68 dollar AS per barrel.

Penetapan itu, menyusul biaya produksi yang diperkirakan sekitar 20 dollar AS per barrel, batas tersebut masih akan menguntungkan bagi Rusia untuk menjual minyaknya dan dengan cara ini akan mencegah kekurangan pasokan di pasar global.

Seorang pejabat senior Departemen Keuangan AS mengatakan pada hari Selasa, batas harga minyak mentah mungkin akan disesuaikan beberapa kali dalam setahun. Kabar itu menambah kekhawatiran tentang permintaan dari importir minyak mentah utama China, yang saat ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19.

“Tekanan lebih lanjut datang dari prospek ekonomi OECD yang mengantisipasi perlambatan ekspansi ekonomi global tahun depan. Sisi baiknya, OECD tidak membayangkan resesi global dan mungkin ini membantu harga minyak dan saham semakin menguat,” kata analis Tamas Varga di PVM Oil Associates.

Pertemuan November Federal Reserve menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan setuju bahwa akan segera tepat untuk memperlambat kenaikan suku bunga. Hal ini mendukung pergerakan harga minyak mentah dunia.

https://money.kompas.com/read/2022/11/24/071000426/ada-pembatasan-harga-minyak-rusia-harga-minyak-mentah-dunia-anjlok-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke