Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Ini BUMN Pangan Bakal Urus Cadangan Pangan Pemerintah

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pangan mulai tahun ini akan mengurus 11 komoditas Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan, pemerintah akan menggelontorkan anggaran untuk pengadaan stok Cadangan Pangan Pemerintah tersebut dengan total Rp 26,89 triliun.

"Ini estimasi satu tahun membutuhkan kurang lebih sekitar Rp 26 triliuin," ujarnya saat RDP dengan Komisi VI DPR RI, Selasa, 24 Januari 2023.

Lebih lanjut Frans mengatakan, ID FOOD bakal mengurus 8 komoditas, yaitu bewang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging ruminansia, daging ayam, telur, dan gula konsumsi.

Total anggaran yang bakal dialokasikan untuk seluruh Cadangan Pangan Pemerintah komoditas tersebut adalah Rp 12,17 triliun.

Sementara Perum Bulog akan mengurus 3 komoditas yakni beras, jagung, dan kedelai.

Besaran anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk beras, yaitu Rp 10,5 triliununtuk pengadaan sebanyak 1,2 juta, jagung sebesar Rp 1,47 triliun untuk pengadaan 350.000 ton

dan kedelai sebesar Rp 2,69 triliun untuk pengadaan 250.000 ton.

Sehingga total anggaran yang akan digelontorkan untuk pengadaan CPP di gudang Bulog sebesar Rp 14,7 triliun.

Selain itu, Frans Marganda juga mengatakan, untuk mendukung program ini, pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 153 tahun 2022 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga Pinjaman dalam rangka Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

Dengan adanya aturan tersebut, Holding BUMN Pangan sebagai penyelenggara program ini mendapatkan fasilitas pinjaman dengan subsisi bunga.

Besaran subsidi bunga yang diberikan sebesar 4,75 persen.

"Jadi jika kami lakukan nego dengan himbara (Himpunan Bank Negara) lalu bunganya 9 persen. Maka kami cuma cukup bayar 4,25 persen agar kami bisa lebih leluasa melakukan prgaram stabiliasai ini," ungkap Frans.

https://money.kompas.com/read/2023/01/24/202000626/tahun-ini-bumn-pangan-bakal-urus-cadangan-pangan-pemerintah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke