Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harapan Sri Mulyani: RI Deklarasi Akhiri Pandemi Covid-19 Tahun Ini

"Kita berhadapan dengan pandemi 3 tahun, ada negara yang masih struggle (berjuang), tapi kita relatif stabil dan kita akan tetap fokus memberikan vaksinasi booster pada tahun ini, sehingga diharapkan pada tahun ini kita bisa mendeklarasikan pandemi sudah over (selesai)," ujarnya dalam BRI Microfinance Outlook 2023, Kamis (26/1/2023).

Bendahara negara itu mengatakan, langkah awal pemerintah untuk mengakhiri pandemi yakni dengan mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember 2022 lalu.

Maka kini Indonesia sedang memasuki masa transisi untuk kembali ke kondisi sebelum pandemi, meski tak akan bisa seutuhnya atau 100 persen kembali normal.

Masa transisi ini pun ditandai sudah mulai banyaknya aktivitas yang berkaitan tatap muka dari sebelumnya hanya mengandalkan secara daring.

Sri Mulyani bilang, pandemi yang sudah dilaui sepanjang 3 tahun terakhir telah memberikan banyak pelajaran bagi pemerintah. Hal itu mengingat pandemi merupakan kondisi yang baru dihadapi Indonesia, sehingga pemerintah pun tak memiliki pengalaman untuk menanganinya.

Alhasil, di tengah tekanan pandemi, pemerintah harus mampu membuat kebijakan yang tepat agar bisa menyeimbangkan antara penanganan terkait kesehatan dengan perekonomian.

"Banyak pelajaran yang diperoleh, bahkan Presiden memberikan testimoni di masa-masa dalam situasi yang tidak diketahui, tidak dipahami, sebagai eksekutif, beliau (Presiden Jokowi) harus buat banyak keputusan yang implikasinya pada sisi ekonomi, sosial, dan kesehatan, maupun keselamatan masyarakat sangat fundamental," paparnya.


Covid-19 di Indonesia melandai, pertumbuhan ekonomi terjaga

Semua tekanan itu pun berhasil dilalui Indonesia seiring dengan tingkat penularan Covid-19 yang melandai, juga pertumbuhan ekonomi yang terjaga.

Sepanjang tiga kuartal tahun lalu, ekonomi RI mampu tumbuh di kisaran 5 persen, bahkan pemerintah meyakini secara keseluruhan 2022 ekonomi bisa tumbuh mencapai 5,3-5,4 persen.

"Itu suatu yang sudah kita capai. Indonesia fast forward (maju cepat) selama 3 tahun. Saya pikir kita relatif dalam kondisi yang sangat baik dari sisi penanganan pandemi, maupun dari sisi pemulihan ekonomi," kata Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2023/01/27/063000526/harapan-sri-mulyani--ri-deklarasi-akhiri-pandemi-covid-19-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke