Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akui Hilirisasi SDA Banyak Tantangan, Jokowi: Kita Tidak Akan Goyah oleh Tekanan-tekanan

Seiring dengan melimpahnya SDA yang ada di Indonesia, Jokowi mengatakan, hilirisasi menjadi prioritas investasi nasional. Menurutnya, hilirisasi menjadi upaya pemerintah dalam menyambut ekonomi baru di masa depan.

"Meskipun muncul berbagai tantangan dalam hilirisasi sumber daya alam kita, kita akan tetap tegak berdiri, kita tidak akan goyah oleh tekanan-tekanan," kata Jokowi, dalam video yang ditayangkan pada acara, Saratoga Investment Summit 2023, Kamis (26/1/2023).

Lebih lanjut orang nomor 1 RI itu bilang, sampai dengan saat ini pemerintah telah menghentikan ekspor komoditas bijih nikel dan bauksit. Larangan ini rencananya akan diperluas guna memaksimalkan upaya hilirisasi pemerintah.

"Selanjutnya timah, tembaga, dan lain-lain," ujar Jokowi.

Lewat hilirisasi, Jokowi menambahkan, perekonomian Indonesia akan mendapatkan keuntungan dari nilai tambah yang dihasilkan. Selain menambah nilai produk akhir dari komoditas, hilirisasi juga akan membuka lapangan kerja baru.

"(Hilirisasi) bisa memberikan nilai tambah yang lebih tinggi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak bagi masyarakat," katanya.

Sektor ekonomi hijau disebut menjadi sektor yang potensial dalam pengembangan komoditas Tanah Air.

"Seperti pengembangan ekosistem mobil listrik, energi baru terbarukan, kawasan industri hijau, dan industri hemat energi yang ramah lingkungan," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2023/01/27/083000626/akui-hilirisasi-sda-banyak-tantangan-jokowi--kita-tidak-akan-goyah-oleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke