Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasar Kripto Tengah "Bearish", Ini Penyebabnya

Mengacu data Coinmarketcap, hingga Selasa (14/2/2023) siang, harga kritpo dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin, berada pada kisaran 21.743,14 dollar AS per keping. Nilai ini turun sekitar 5,15 persen dari periode yang sama pekan lalu.

Koreksi yang lebih dalam dicatatkan oleh Ethereum. Tercatat harga kripto terbesar kedua tersebut tergerus sekitar 8,10 persen selama sepekan ke kisaran 1.502,37 dollar AS per keping.

Pelemahan terjadi setelah kripto menikmati kenaikan signifikan pada Januari lalu. Asal tahu saja, harga Bitcoin dan Ethereum menguat lebih dari 30 persen pada bulan pertama 2023.

Tim Riset Tokocrypto menyatakan, penurunan dan volatilitas pasar kripto yang tinggi akhir-akhir ini disebabkan oleh kombinasi dari beberapa sentimen. Sentimen pertama ialah, peningkatan penegakan peraturan di Amerika Serikat (AS).

"Tindakan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat terhadap Kraken dan Paxos Trust dan rumor pelarangan staking kripto di AS dapat diterjemahkan menjadi penurunan lebih lanjut untuk Bitcoin dan pasar kripto yang lebih luas," tulis Tim Riset Tokocrypto, Selasa (14/2/2023).

Hal itu kemudian memicu para investor kripto untuk melakukan aksi jual. Ini juga didorong oleh aksi ambil untung atau profit taking dari kenaikan yang terjadi pada Januari.

"Akhirnya BTC mencapai penurunan dalam posisi terendah dalam tiga minggu terakhir," tulis riset tersebut.

Selain itu, investor juga masih menanti rilis data laporan indeks harga konsumen atau Consumer Price Index (CPI) AS untuk periode Januari 2023. Data tersebut akan menjadi arah penentu investor kripto nantinya.

Sejumlah lembaga memperkirakan CPI bulanan Januari 2023 naik di kisaran 0,5 persen. Angka proyeksi tersebut menjadi kenaikan terbesar CPI bulanan dalam tiga bulan terakhir.

Adapun data CPI kerap menjadi indikator pergerakan harga Bitcoin dan aset kripto lain. Bila CPI aktual lebih rendah dari perkiraan para ekonom, harga kripto biasanya akan mengalami kenaikan.

"Namun, bila kenaikan lebih tinggi atau sama dengan perkiraan, pasar kripto biasanya bereaksi negatif," tulis Tim Riset Tokocrypto.

https://money.kompas.com/read/2023/02/14/134243526/pasar-kripto-tengah-bearish-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke