Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Apa Itu IHSG, Fungsi, dan Cara Membacanya

IHSG adalah indeks yang mengukur kinerja harga seluruh saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

IHSG menjadi indikator atau acuan pergerakan harga saham-saham yang ada di BEI. Di pasar global, IHSG juga dikenal sebagai Indonesia Composite Index (ICI) atau IDX Composite.

Dilansir dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perhitungan IHSG memakai rata-rata berimbang berdasarkan jumlah saham di bursa atau Market Value Average Index.

Data tersebut dihitung setiap hari bursa, pada Senin-Jumat pukul 09.00-16.00 WIB, sehingga menghasilkan data terbaru atau update.

Fungsi IHSG

Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat beberapa fungsi IHSG seperti mengukur kinerja portofolio, indikator pergerakan pasar modal, hingga melihat perkembangan kondisi ekonomi suatu negara.

  • Kinerja portofolio

Portofoilo saham adalah kumpulan aset investasi saham yang dimiliki perorangan atau perusahaan.

Dengan melihat kinerja IHSG, maka bisa dibuat estimasi keuntungan dari portofolio saham yang dimiliki.

  • Pergerakan pasar modal

Seperti diketahui, IHSG dihitung dari rata-rata harga saham di bursa secara real time, sehingga bisa menjadi indikator pergerakan pasar modal terkini.

Tren IHSG yang tengah meningkat, bisa dipastikan harga saham dalam pasar modal juga akan meningkat. Sebaliknya, indeks harga saham dalam pasar modal sedang lemah, maka harga saham juga ikut menurun.

Kendati begitu, karena memakai nilai rata-rata, dapat memungkinkan ada saham yang harganya outlier atau berbeda jauh.

  • Perkembangan kondisi ekonomi suatu negara

IHSG bisa dipakai untuk melihat perkembangan kondisi ekonomi suatu negara seperti aliran modal, pertumbuhan ekonomi, dan penerimaan pajak negara.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memiliki peran besar, sebab semakin tingginya investasi yang ada dalam negara maka aliran modal juga semakin besar.

Dengan modal besar tersebut, perekonomian akan bergerak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi maupun penerimaan negara melalui pajak yang dibayarkan oleh perusahaan.

Uang pajak ini bisa dipakai pemerintah untuk membuat kebijakan-kebijakan baru yang bertujuan mensejahterakan masyarakat.

  • IHSG naik

Saat IHSG mempunyai tren naik, umumnya akan dikatakan hijau atau bullish. Dalam kondisi ini, investor disarankan untuk menjual sahamnya agar memperoleh keuntungan.

Selain itu, investor juga bisa memilh untuk melakukan hold, dengan menyimpan dan tidak menjual saham yang dimiliki, dengan harapan harga saham terus meningkat dan memberikan keuntungan lebih besar.

Pada saham juga dikenal istilah stock bubble, yang merupakan peningkatan harga saham tertentu secara signifikan yang terkesan tidak normal dan dapat melebihi harga pasaran saham.

Ini terjadi saat terdapat hal yang tak terduga, sehingga investor perlu lebih hati-hati melihat potensi keuntungan saat IHSG naik, karena bisa saja indeks mengalami bubble yang rawan koreksi.

  • IHSG turun

Saat IHSG turun atau dikatakan merah disebut juga bearish. Ketika berada di kondisi ini, investor disarankan untuk membeli saham atau hold.

Dengan melakukan hold, simpan dan tidak menjual saham yang sudah dimiliki, diharapkan harga saham akan semakin meningkat di masa depan.

Selain itu, ketika IHSG turun direkomendasikan melakukan cut loss, yakni memutuskan untuk menjual saham kembali di saat harga saham relatif turun untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Ketika harga saham turun, investor diimbau untuk tidak panik, melainkan bersabar dan melakukan analisis lebih lanjut mengenai portofilio yang dimiliki.

Perlu digarisbawahi, pembelian saham sebaiknya memperhatikan waktu agar memperoleh selisih harga jual dan beli.

Jika nilai jual lebih tinggi, akan mendapatkan keutungan atau capital gain, sedangkan jika nilai jual lebih rendah maka akan mengalami kerugian yang disebut sebagai capital loss.

Itulah ulasan mengenai apa itu pengertian IHSG, fungsi, dan cara membacanya.

https://money.kompas.com/read/2023/02/25/120851126/mengenal-apa-itu-ihsg-fungsi-dan-cara-membacanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke