Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Impor Sepatu Ilegal, Menperin Bantah Kebobolan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Bea Cukai agar impor ilegal tersebut bisa segera ditindaklanjuti.

"Makanya harus dibongkar (marketplace), semuanya harus dibongkar. Yang ilegal-ilegal itu semuanya harus dibongkar. Kita sudah koordinasi dengan Kemendag dan Bea Cukai," ujarnya saat ditemui Kompas.com di acara Ifex 2023, Kamis (9/3/2023).

"Bukan kebobolan, pemerintah akan bongkar. Itu akan diusut sampai tuntas supaya tidak akan terjadi lagi," sambung Menperin Agus.

Menperin Agus menilai impor ilegal tersebut sudah termasuk skandal besar lantaran menggoyangkan bisnis industri alas kaki di Tanah Air.

Adapun salah satu negara asal pengimpor sepatu ilegal tersebut disebut-sebut adalah Singapura. Oleh sebab itu Menperin Agus berharap agar Pemerintahan Singapura mau bekerja sama membantu impor ilegal tersebut diusut tuntas.

"Iya, makanya pemerintah Singapura juga harus bisa membantu kami untuk membongkar itu. Kita akan koordinasi, saya sudah bicara dengan kemendag untuk segera menyelesaikan masalah ini, juga Bea Cukai," pungkas Menperin.

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi mengatakan, pemerintah sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk menginvestigasi impor ilegal tersebut.

"Itu kan ada Satgas, jadi Satgas gabungan Kemnterian atau Lembaga, ada Kementerian Keuangan, ada Kementerian Perdagangan, ada Kementerian Perindustrian. Jadi harus diinvestigasi supaya tidak menganggu industri nasional," ujarnya kepada media saat ditemui di Kementerian Perindustrian, Kamis (9/3/2023).

Menurut dia investigasi perlu dilakukan lantaran pelabuhan-pelabuhan di Indonesia dinilai sebagai tempat jalur utama importasi ilegal dilakukan.

"Kan isunya pelabuhan di kita itu banyak sekali (dilakukan). Jadi belum tentu masuknya ke pelabuhan yang legal, bisa ke pelabuhan yang tikus. Jadi, memang harus diinvestigasi," ungkap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/03/09/154000226/soal-impor-sepatu-ilegal-menperin-bantah-kebobolan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke